Monday, June 19, 2017

Toure de Singapore part 3 – Merlion Park


Masih berada di seputar Singapore River. Setelah berkunjung ke Asian Civilisations Museum berjalan sedikit ke arah timur, maka anda akan menemui Anderson Bridge, jembatan era kolonial yang merupakan bagian sirkuit Formula One. Berjalan menyusuri Anderson Bridge anda akan melihat petunjuk arah menuju Merlion Park. Sebetulnya tidak jauh dari anderson Bridge, sekitar 50m saja.

Tibalah saya di Merlion Park. The Merlion atau Singa Laut adalah makhluk mitos dengan kepala singa dan tubuh ikan yang digunakan sebagai maskot atau landmark negara Singapura. Memang ada sebutan tidak ke Singapura jika tidak mengunjungi Merlion Park. Dari segi filosofinya patung ini, tubuh ikan menggambarkan asal mula Singapura sebagai desa nelayan yang disebut Tamasek. Sedangkan kepala Singa merupakan lambang untuk nama asli Singapura yang berarti “Kota Singa”.
Simbol ini dirancang dan dibuat oleh Alec Fraser Brunner untuk logo Singapore Tourism Board (STB) yang mulai digunakan pada 26 Maret 1964. Simbol Merlion sering kita lihat di souvenir-souvenir yang biasa kita dapat sebagai oleh-oleh dari Singapura. Patung Merlion setinggi 8,6m dengan berat sekitar 70 ton ini dibangun pada November tahun 1971 – Agustus tahun 1972 oleh pematung Singapura. Patung ini pada awalnya tidak berlokasi seperti sekarang, yang dahulunya diletakkan di mulut Singapore River. Namun setelah pembangunan Esplanade Bridge, patung tersebut dipindahkan ke lokasi seperti sekarang ini (bersebrangan dengan Marina Bay Sands).


Untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini tidak dikenakan biaya alias gratis dan dibuka untuk umum selama 24 jam. Beralamat di One Fullerton, jika anda naik kendaraan umum bisa menggunakan MRT North south line atau East West line dan turun di Raffles Place Station, lalu keluar dari Exit G dan berjalan ke arah utara ke arah Singapore River, maka anda akan melihat Asian Civilisations Museum sebelum anda sampai ke taman ini. Sebetulnya ada jalan yang lebih singkat yaitu berjalan ke arah timur dari Exit G Raffles Place Station tapi jika melewati jalan itu anda tidak akan mendapatkan spot-spot foto menarik seperti jika anda mengambil jalan ke arah Singapore River. Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment