Monday, June 5, 2017

Book Review - Ilana Tan : Winter in Tokyo

Judul Buku: Winter in Tokyo
Penulis : Ilana Tan
Terbit Pertama : 2008
Tebal :  320 halaman
Cetakan : 2015
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-979-22-2460-3
           
Ishida Keiko, gadis muda yang tinggal di sebuah apartemen di kota Tokyo kedatangan tetangga baru bernama Nishimura Kazuto yang setelah sekian tahun tinggal di Amerika dan memutuskan untuk  pulang ke Jepang. Apartemen yang dulunya ditempati oleh Tatsuya Fujisawa, tokoh yang ada di buku sebelumnya Autumn in Paris. Pertemuan awal Keiko dan Kazuto saat Keiko mengendap-ngendap di depan pintu apartemennya. Perlahan mereka semakin akrab dan Kazuto merasakan sesuatu yang lain saat bersaa Keiko. Alasan utama Kazuto pergi meninggalkan Amerika dan pulang ke Jepang adalah untuk melupakan Yuri, gadis yang dicintainya namun memilih untuk menikah dengan sahabatnya sendiri. Kazuto merasa ketika bersama Keiko mendukung dirinya yang tujuannya untuk melupakan Yuri. Namun terbalik dengan Keiko yang seperti menolak kenyataan dirinya juga tertarik pada sosok Kazuto. Keiko lebih terbuai dengan angannya sendiri. Keiko yang sejak kecil masih dibayang-bayangi oleh cinta pertamanya, Kitano Akira seorang bocah laki-laki bertopi biru yang menolongnya mencarikan kalungnya di masa lalu.
 Lama kelamaan Kazuto mulai resah karena usahanya mendekati Keiko tak terlihat membuahkan hasil. Keiko belum juga memperlihatkan tanda-tanda melihat padanya. Ditambah lagi Kazuto harus menerima kenyataan bahwa ternyata Akira yang dimaskud oleh Keiko dalah Kitano Akira, sahabat kecil Kazuto. Keiko menemukan cinta pertamanya. Keiko bertemu dengan Kitano Akira. Kenyataan pahit yang terulang. Gadis yang disukainya mencintai sahabatnya. Kazuto sempat membuat Keiko terkesan saat malam natar mengajak Keiko ke tempat yang berkesan buat Keiko dan ia merasa begitu senang. Namun Keiko haus merasakan kepahitan dan kehilangan. Kazuto mengalami kecelakaan yang mengakibatkan ingatan Kazuto hilang. Kazuto tak lagi mengingat Keiko. Kazuto hanya mengingat saat terakhir ia berada Amerika. Keiko menyadari dirinya kehilangan seseorang yang berharga meski belum lama mengenalnya. Ditambah lagi kedatangan Yuri ke Jepang membuat Keiko merasa Kazuto semakin jauh dari dirinya. Putus harapannya untuk bersama Kazuto. Merasa terlambat ia menyadari bahwa dirinya menyayangi Kazuto. Namun takdir berkata lain. Kazuto ditakdirkan sekali lagi jatuh cinta pada Keiko. Hingga pada akhirnya kisah ini berujung pada terungkapnya cinta masa lalu keiko dan betapa salahnya keiko selama ini mencintai seseorang.
Novel remaja dengan gaya bahasa penulisan yang tidak berbelit-belit. Mudah dipahami dan mudah pula mengikuti alurnya. Recomended untuk dibaca bagi yang menyukai novel-novel metropop.


0 komentar:

Post a Comment