Monday, June 5, 2017

Book Review - Ilana Tan : Summer in Seoul

Judul Buku: Summer in Seoul
Penulis : Ilana Tan
Terbit Pertama : 2006
Tebal :  280 halaman
Cetakan : 2015
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-979-22-2460-3
           
Saya membaca buku ini sebenarnya karena tertarik dengan buku keempatnya, Spring in London. Namun karena ini novel tetralogi, jadi mau tak mau harus membacanya dari mulai Summer, Autumn, Winter lalu Spring.
Dari judulnya, Summer in Seoul tentu yang menjadi latar tempat cerita ini adalah ibu kota negeri ginseng Soeul. Cerita ini mengisahkan tentang gadis bernama Han Soon-Hee atau yang akrab disapa dengan nama Sandy yang saat itu pulang dari kantornya lalu mampir ke sebuah kedai. Tak sengaja HP Sandy tertukar dengan salah satu pengunjung di kedai tersebut karena HP dan nada dering mereka sama. Berawal dari tertukarnya HP Sandy dengan HP milik orang lain di sebuah cafe. Saat Sandy tersadar barang miliknya tertukar,  dia langsung menghubungi ponselnya dan kaget ternyata pemilik ponsel itu adalah Jung Tae Woo,  seorang penyanyi terkenal yang sempat berhenti tenar empat tahun silam.  Saat Sandy mengembalikan ponsel artis tersebut,  wartawan memotret dirinya dan Tae Woo dan menerbitkannya dalam sebuah tabloid selebritis korea.  Disebutlah Tae Woo berpacaran dengan gadis misterius.  Hal tersebut yg membuat kedekatan antara Sandy dan Tae Woo,  sehingga muncullah kesepakatan sekenario antara Sandy dan Tae Woo.  Sandy harus berpura-pura menjadi kekasih Tae Woo untuk mengalihkan gosip yabg beredar tentang Tae Woo adalah seorang gay.
Hubungan dan kedekatan antara Sandy dan Tae Woo semakin lama semakin memberikan perasaan nyaman yang lebih bagi keduanya. Sandi dan Tae Woo pun sadar akan perasaan saling menyayangi di antara mereka. Sandy pun harus berurusan dengan para fans dan para wartawan sejak berhubungan dengan Tae Woo. Namun hal itu perlahan bisa diatasi hingga pada akhirnya tak perlu ada lagi yang disembunyikan.
Lagi-lagi Sandy harus berhadapan dengan para wartawan dan fans fanatik ketika terdengar kabar berita bahwa Sandi merupakan adik dari salah seorang fans Tae Woo yang tewas pada insiden setelah acara jumpa fans empat tahun silam,  yang mengakibatkan Tae Woo harus berhenti sejenak dari karirnya. Tae Woo sempat kaget mengetahui fakta tersebut,  namun segalanya bisa diatasi oleh keduanya.
Novel remaja dengan gaya bahasa penulisan yang tidak berbelit-belit. Mudah dipahami dan mudah pula mengikuti alurnya. Penulis juga menggunakan sedikit kata-kata bahasa Korea yang disertai dengan catatan kaki sehingga memudahkan para pembaca untuk mengerti arti dari kata tersebut, dan ekspresi-ekspresi yang digunakan juga sesuai dengan cerita tersebut. Namun yang idsayangkan dari novel ini, suasana musim panas Seoul kurang terasa. Apa yang sedang terjadi saat musim panas di Seoul itu yang mungkin saya kurang dapat merasakannya. Tapi untuk alur cerita menarik dan recomended untuk dibaca bagi yang menyukai novel-novel metropop.



0 komentar:

Post a Comment