Sunday, January 15, 2017

Book Review - Sir Arthur Conan Doyle : The Adventure of Sherlock Holmes (Scandal Bohemia)

Judul Buku: Sherlock Holmes : Petualangan Sherlock Holmes
Sub Judul : Skandal Bohemia
Diterjemahkan dari : The Adventure of Sherlock Holmes
Terbit pertama : 1892
Penulis : Sir Arthur Conan Doyle
Penerjemah : Sendra B. Tanuwidjaja
Tebal : 504 halaman
Terbit di Indonesia : Maret, 2012
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-979-22-7999-3

Alasan saya membaca buku ini, karena ketertarikan saya yang amat sangat pada Sherlock Holmes. Setelah membaca 4 buku sebelumnya (A Study in Scarlet, Sign of Four, The Valley of Fear, dan Hound of Baskerville) saya lanjutkan dengan buku The Adventure of Sherlock Holmes.
Mr. Sherlock Holmes mendapatkan klien seorang Raja Bohemia yang memiliki masalah dengan Irene Adler, seorang wanita mempesona, penyanyi opera, petualang asmara, dan memiliki kemampuan akting yang luar biasa. Kasus yang ditangani oleh Holmes dan partnernya Dr. Watson adalah tentang skandal antara Irene Adler dan Raja Bohemia tersebut. Sang Raja meminta Sherlock untuk mengambil kembali foto yang menjadi bukti bahwa Raja dan Irene Adler memiliki hubungan khusus. Tak berapa lama lagi Raja akan menikah dan ia mendapat ancaman bahwa Irene akan mengagalkan pernikahan itu dengan mengirim foto tersebut kepada calon istri Raja. 
Kisah ini berakhir dengan taktik holmes sebagai detektif ternama dapat terbaca oleh Irene Adler dan gagal mendapatkan foto itu, bahkan tak dapat menebak penyamaran Irene Adler saat mengikuti Holmes menuju Baker Street 221B. Namun berkat penyelidikan itu Irene Adler menyatakan diri tidak akan mengganggu lagi kehidupan Raja dan istrinya. Sejak itulah Holmes tidak lagi menganggap enteng pemikiran wanita karena terbukti penyelidikannya dapat terbongkar oleh seorang Irene Adler, wanita yang akhirnya menarik perhatian Holmes dan menjadi favoritnya.

Pesan moral dalam cerita ini, tidak menganggap remeh siapapun, karena setiap orang memang pantas untuk diperhitungkan dan siapa tahu orang yang kita remehkan itu memiliki kemampuan yang sama dengan kita bahkan melampaui kita.

0 komentar:

Post a Comment