Sunday, January 15, 2017

Book Review - Rudyard Kliping : Just So Stories

Judul Buku: Just So Stories
Diterjemahkan dari : Just So Stories
Terbit pertama : 1902
Penulis : Rudyard Kliping
Penerjemah: Maggie Tiojakin
Tebal : 160 halaman
Terbit di Indonesia : Cetakan pertama, Desembar 2011
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-979-22-7803-3

Saya mulai menyukai cerita-cerita klasik sejak tahun lalu (2016) saat membaca cerita Alice karya Lewis Caroll. Kini buku yang saya baca adalah Just So Stories karya Rudyard Kliping. Rasa suka pada karya-karya klasik tentunya menjadi alasan saya membaca buku ini.
Sebagaimana judulnya, buku ini berisi tentang kumpulan cerita klasik pengantar tidur. Cerita yang ringan, mudah dipahami, mudah dihafal inti ceritanya sehingga bisa dengan mudah kembali diceritakan kepada orang lain terutama kepada anak-anak menjelang mereka tidur. Menceritakan tentang dari mana belalai gajah berasal, asal mula macan meiliki tutulnya, asal mula kulit badak penuh dengan lipatan, asal mula alfabet dirumuskan dan cerita lain yang juga menarik untuk dibaca. Seperti cerita anak gajah yang selalu penasaran dan senang bertanya tentang “apa santapan buaya?”, hingga akhirnya ia bertemu dengan buaya yang sebelumnya ia tidak tahu hewan seperti apa buaya itu. Lalu buaya itu menggigit hidung kecil gajah dan memanjang karena tarikan sang anak gajah sehingga menjadi panjang dan itulah asal mula gajah memiliki belalai.  Tentunya semua yang ada dalam buku ini hanyalah sekedar cerita dan bukan yang sebenarnya.
Banyak hikmah yang bisa diapat dari kisah-kisah yang ada dalam buku ini. Memang sudah menjadi khas dari kisah klasik yang kaya akan hikmah yang bisa diambil sebagai pelajaran hidup. Mengajarkan kita agar tidak malas bekerja seperti si unta yang, tidak malu bertanya seperti si anak gajah, tidak bersikap angkuh seperti kepiting Pau Amma, melihat sesuatu tidak dari satu sudut pandang dan kreatif seperti Taffi, Tegumai dan Tesumai.


0 komentar:

Post a Comment