Thursday, December 29, 2016

Book Review - J.M. Barrie : Peter Pan

Judul Buku: Peter Pan
Diterjemahkan dari : Peter pan
Penulis : J.M. Barrie
Terbit Pertama : 1911
Penerjemah : Julanda Tantani
Tebal : 240 hlm
Terbit di Indonesia : Cetakan ke-1, 2014
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-0347-5

Kisah yang berlatar di kota London tentang anak-anak Tuan Darling dan Nonya Dalring, yaitu Wendy, George, Michael dan seekor anjing bernama Nana. Kehidupan ketiga anak tuan dan nyonya Darling berubah saat Peterpan datang ke kamar mereka dan membawa mereka terbang ke negeri Neverland. Wendy dan kedua saudaranya tinggal di Neverland. Mereka bertemu dengan anak-anak yang lain, yang juga sama dengan mereka, dibawa oleh Peter.
Di pulau Neverand Wendy dipilih oleh Peter dan disepakati oleh anak-anak yang lain untuk menjadi Ibu mereka, meskipun Wendy juga masih anak-anak. Wendy dibuatkan rumah oleh Peter dan yang lainnya. Wendy dan yang lainnya tidak selalu bahagia di Neverland, karena di sana terdapat tokoh jahat yaitu kapten Hook. Kapten kapal bajak laut dengan tangan kail sebagai sejatanya (tangannya putus akibat pertarungan dengan Peter dahulu). Pada akhirnya Peter, Wendy dan anak-anak yang lainnya perang melawan Kapten Hook dan anak buahnya. Kapten Hook yang licik dan penuh muslihat pun dapat dikalahkan oleh Peter. Seteah Hook dikalahkan, Peter mengantar Wendi, George, dan Michael serta anak-anak yang lainnya pulang ke rumah tuan Darling. Tuan Darling merasa sangat bahagia melihat anak-anaknya pulang kembali ke rumah mereka. Tuan Darling pun mengadopsi semua anak-anak yang dibawa oleh Wendi dari Neverland, kecuali Peter. Peter lebih memilih tinggal di Neverland dan tak mau tumbuh menjadi orang dewasa.
Meski Peter lebih memilih tinggal di Neverland, ia tetap datang untuk menemui Wendy yang terus tumbuh dewasa. Hingga Wendy menikah dan mempunyai anak, Peter masih berkunjung dan malahan mengajak anak Wendy untuk pergi ke Neverland. Tentu Wendy mengizinkan anaknya pergi bersama Peter. Hal it uterus berlangsung dari generasi ke generasi. Wendy semakin tua, namun Peter tetap ingin terus menjadi anak-anak dan tinggal di Neverland.
 Hikmah yang bisa diambil dari Novel ini, setiap manusia, akan mengalami yang namanya kesenangan dan kesulitan. Akan mengalami masa-masa senang dan masa-masa sulit. Untuk menjadi manusia yang kuat, tentu harus keluar dari zona nyaman kita agar mendapat pelajaran baru, pengalaman baru dan nilai-nilai baru tentang kehidupan serta belajar bagaimana menghargai hidup dengan memperjuangkan agar hidup semakin baik dari hari ke hari. Peter adalah salah satu contoh anak yang tak mau beranjak dari dunia nyamannya, sehingga dia tidak bias tumbuh dan berkembang untuk mengenal dunia baru, lingkungan baru, pengalaman baru dari kehidupan yang berjuta warna.

1 comment: