Thursday, December 29, 2016

Book Review - Carlo Collodi : The Adventures of Pinocchio

Judul Buku: Petulangan Pinocchio
Diterjemahkan dari : The Adventures of Pinocchio
Penulis : Carlo Collodi
Terbit Pertama : 1871
Penerjemah : Lulu Wijaya
Tebal : 203 hlm
Terbit di Indonesia : Cetakan ke-1, 2014
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-602-03-0466-3

Pinocchio awalnya hanyalah sepotong kayu milik Mastro Cherry. Namun, kayu ini bukanlah kayu biasa, melainkan bisa menangis dan tertawa.! Dari Mastro Cherry, akhirnya kayu ini bisa sampai ke tangan Geppetto yang datang ke rumahnya untuk meminta kayu yang akan dibuat menjadi boneka tali sebagai pembawa keeruntugan. Beliau lah yang memahat si kayu menjadi boneka tali, membuatkan baju, topi, dan sepatu, serta menamainya Pinocchio.
Sejak baru selesai dipahat, Pinocchio sangat nakal. Tingkahnya selalu mengecewakan ayahnya. Dia membuat ayahnya di penjara, kemudian ketika pulang ia membunuh Jangkrik Berbicara. Tapi, Pinocchio juga menerima balasannya pada hari itu, ketika ia ingin menggoreng telur ayam dengan air. Seekor anak ayam malah terbang ketika telur itu di pecahkan. Mudah terpengaruh dengan ajakan orang lain yang mengajaknya menikmati kesenangan sesaat dan sesalu menyesali perbuatannya karena pada akhirnya dia mendapat kerugian dari perbuatannya.
Kisah Pinoccio ini hanyalah kisah sederhana, namun dengan kesederhanaannya ituah yang menjadikan novel ini menjadi karya masterpiece karena setiap bab yang disajikan pasti mengandung hikmah yang dapat diambil sebagai pelajaran bahi pembaca khususnya anak-anak. Novel ini mengajak pembaca untuk berbuat baik, melakukan hal-hal yang bermanfaat, selalu bersikap jujur dan memegang amanah yang diberikan sebagai kepercayaan dari orang lain.

0 komentar:

Post a Comment