Thursday, December 29, 2016

Book Review - Edgar Allan Poe : Auguste Dupin

Judul Buku: Auguste Dupin
Diterjemahkan dari : Auguste Dupin
Penulis : Edgar Allan Poe
Terbit Pertama : 1841
Penerjemah: Istiani Prajoko
Tebal : 326 hlm
Terbit di Indonesia : Cetakan ke-1, Desember 2012
Penerbit : Visimedia
ISBN : 978-979-065-142-2

Kisah tentang seorang detektif yang diciptakan leh seorang Edgar Allan Poe, bapak para detektif yang kemudian juga menginspirasi Conan Doyle dan Agatha Chistie. Auguste Dupin untuk pertama kalinya yang di gambarkan mengedepankan argumentasi, silogisme dan latar belakang suatu hal yang akhirnya bisa menyimpulkan sebuah kasus untuk kemudian di kembangkan menjadi deduksi dan observasi. Dupin juga mempunyai sahabat setia yang selalu menunjukan dialog kepadanya.
Dalam buku berjudul Aguste Dupin ini ada beberapa cerita pendek yang telah di publikasikan di majalah seperti Pembunuhan di Rue Morgue, Dupin menyelesaikan masalah terbunuhnya Madame L'Espanaye dan putrinya Mademoiselle Camille L'Espanaye, dalam sebuah kejadian ruang tertutup. Dengan analisis yang Dupin dapatkan dari berita yang muncul di koran, serta sedikit penyelidikan di lokasi kejadian perkara, dengan gemilang, Dupin berhasil mengetahui siapa pembunuhnya, dan menyelamatkan seorang yang salah tangkap akibat pembunuhan itu.
Ada pula cerita tentang Misteri Pembunuhan Marie Roget yang berdasarkan pada detail sebuah kasus pembunuhan yang terjadi di New York pada tahun 1841, Kisah Surat yang dicuri, Kumbang Emas dan Fakta-fakta dalam Kasus M. Valdemar.
August Dupin adalah karya Poe yang pertama kali say abaca. Setelah membaca buku ini, memang terlihat kenapa Conan Doyle terpengaruh akan karya Peo ini. Mesik pada akhirnya saya lebih menyukai Holmes dalam memecahkan kasus-kasusnya. Entah karena cerita tentang Holmes lebih banyak sehingga menjadi lebih terbiasa dengan gaya Holmes memecahkan kasus. Namun dibalik itu semua, Homles tak akan lahir jika Dupin tak diciptakan. Dan saya tetap tertarik dengan kisah-kisah detektif.

0 komentar:

Post a Comment