Tuesday, November 8, 2016

Book Review - Michael Scott : The Alchemyst

Judul Buku: The Alchemyst (The Secret of The Immortal Nicholas Flamel)
Diterjemahkan dari : The Alchemyst (The Secret of The Immortal Nicholas Flamel)
Terbit pertama : 2007
Penulis : Michael Scott
Penerjemah : Berliani M. Nugrahani
Tebal : 503 halaman
Terbit di Indonesia : Cetakan keempat, Februari 2009
Penerbit : Matahati
ISBN : 979-1141-22-3

The Alchemyst merupakan buku pertama dari serial The Immortal Nicholas Flamel. Berawal dari dua saudara kembar Sophie Newman dan Josh Newman dua orang remaja yang menjalani kehidupan normal seperti halnya remaja lain pada umumnya, tiba-tiba dihadapkan dengan kejadian diluar nalar. Kedatangan Dr. John Dee, seorang ahli sihir Inggris, ke toko milik Flamel yang menggunakan nama Nick Flemming merupakan awal dari serangkaian kejadian-kejadian magis yang melibatkan Josh dan Sophie. Dee datang ke toko milik Flamel untuk mencuri Codex, sebuah buku yang ditulis oleh Abraham sang Magus untuk membangkitkan kembali ras Dark Elder untuk kembali menguasai dunia.  Dee menginginkan buku itu karena selain memuat resep ramuan kehidupan abadi menggunakan philosopher’s stone. Namun sayang, Dee tidak seutuhnya mengabil buku itu karena Josh sempat menyobek dua lembaran penting dalam Codex itu. Tapi setidaknya Dee mendapatkan Prenelle Flamel sebagai tawanannya dan ditempatkan di penjara pulau Alcatraz.
Hari-hari Sophie dan Josh pun berubah sejak kejadian itu. Mereka terlibat dalam pertempuran penuh dengan sihir dan mantra antara Sang Alchemist Nicholas Flamel dan Dr. John Dee yang sejatinya telah berselisih lebih dari setengah abad. Flamel memutuskan untuk membangitkan kemampuan sihir Sophie dan Josh untuk melindungi mereka dari kejaran Dee yang dibantu oleh dua Elder, Morrigan dan Bastet.
Flamel meminta bantuan kepada salah satu ras Tetua, seorang Elder, yaitu Hekate untuk membangkitkan sihir si kembar Sophie dan Josh sekaligus melatih mereka untuk menguasai elemental magic: udara, api, air, tanah. Dalam perjalanan menuju realm milik Hekate, mereka dibantu oleh seorang Elder generasi baru ahli beladiri bernama Scatach. Hingga pertempuran hebat tak terelakkan lagi terjadi di Yggdrasill, kediaman Hekate yang diserbu oleh Dee dan koloninya yang berujung dengan kehancuran pohon dunia Yggdrasill dan kematian Hekate.

Buku yang cukup menghibur bagi saya yang menggemari kisah-kisah fantasi. Tokoh-tokoh yang diambil dari orang-orang yang benar-benar ada seperti suami istri Flamel dan Dee. Juga mengidupkan tokoh-tokoh mitologi kuno sehingga terasa dan seolah-olah mereka benar-benar nyata. Alur yang mudah diikuti dengan gaya bahasa yang mudah dipahami menjadikan nilai plus untuk novel ini. Novel ini memiliki 5 seri yang dan akan tuntas sampai di akhir cerita jika membaca seluruhnya. Tapi bagi penggemar fantasi series, buku ini menjadi tantangan dan recommended untuk dibaca. Selamat memasuki dunia mitologi dan manusia abadi.

0 komentar:

Post a Comment