Friday, February 19, 2016

Book Review : Sila ke-6: Kreatif Sampai Mati

Judul Buku: Sila ke-6: Kreatif Sampai Mati
Penulis : Wahyu Aditya
Terbit Pertama : 2013
Tebal : 302 Halaman
Cetakan : Ke-10, November 2014
Penerbit : Bentang
ISBN : 978-602-8811-99-6

Buku ajaib yang memprovokasi pembaca agar mengubah pola pikir menjadi kreatif. Apa yang kita pahami tentang kreatif? Dalam lembar awal buku ini disampaikan bahwa kreatif itu spesies langka. Kreatif itu salah satu sifat Tuhan. Kreatif itu membalikkan cara pandang. Kreatif itu hak semua insan. Kreatif itu tidak bisa dibeli. Kreatif itu bisa dilatih. Kreatif itu cara bertahan hidup. Kreatif itu penting. Kreatif itu baik. Kreatif itu adalah sesuatu yang baru. Kreatif itu adalah salah satu bentuk pertahanan yang dibutuhkan negara ini. Kreatif itu sampai mati. Pernyataan-pernyataan ini menyadarkan pembaca tentang makna dari kreatif.
17 bab dalam buku seteba 302 halaman yang berisi tentang hal-hal yang menunjukan kreatifitas seakan menggiring pembaca untuk kreatif juga. Membahas banyak hal yang bisa dibangun dengan kreatifitas. Penulis mencontohkan suatu kreatifitas dalam kelas. Pengaturan suasana kelas yang biasa, dengan kelas yang dihias dengan hiasan dan tema. Hal semacam itu dilakukan sesuai dengan keinginan wali kelas dan anak-anak penghuni kelasnya. Itu akan membuat suasana belajar semakin fun, layaknya mereka belajar di kamar mereka sendiri. Itu kreatif. Dan saya sudah lakukan itu.
Seorang yang kreatif harus berfikir dan menempatkan dirinya out of the comfort zone, out of safety zone, dan out of the box. Berada di luar zona nyaman. Berada di luar kotak. Berpikir di luar kebiasaan. Berfikir hal-hal yang tak terfikirkan oleh orang lain. Melihat peluang yang tak dilihat orang lain. Mau menempatkan dirinya berbeda daripada lainnya.
Kelebihan buku ini adalah tentu saja dari segi konten yang merupakan kelebihan dari buku ini. mengajak kreatiflah kelebihan buku ini. Masing-masing butir dalam buku ini, bisa dibaca secara random karena setiap butirnya berdiri sendiri dan tidak berkitan cerita seperti halnya bab pada sebuah novel. Merupakan buku yang sangat kreatif dan aplikatif. Semakin dibaca semakin memahamkan pembaca tentang pentingnya menjadi manusia yang kreatif sampai mati.

0 komentar:

Post a Comment