Friday, February 19, 2016

Book Review : Generasi 90an

Judul Buku: Generasi 90an
Penulis : Marcella FP
Tebal : 216 halaman
Cetakan: ke-2, Maret 2013
Penerbit : POP
ISBN : 978-979-91-2535-6

Generasi 90an. Buku ini menjadi mesin waktu bagi orang yang mengalami masa kecil pada era itu. Media yang membawa ke era akhir abad 20. Bernostalgia dengan hal-hal yang mengingatkan pada hal-hal yang populer pada masa itu. Saya terasuk orang yang mengalami masa kecil pada tahun 90an.
Buku ini berisi gambar-gambar mengenai apa yang kita alami, apa yang kita pakai, apa yang kita saksikan, apa yang populer, apa yang kita dengar dan apa yang kita mainkan pada era 90an. Mulai dari tayangan TV yang popular dimasa itu seperti sinetron Tersanjung, Tersayang, Jin dan Jun, Tuyul dan Mbak Yul, tontonan anak setiap minggu pagi mulai dari Power Ranger dengan berbagai kelompok, Doraemon dengan umur Nobita cs yang gak nambah-nambah, sampai Son Goku yang hidup mati hidup mati dalam Dragon Ball. Tren pakaian yang sedang popular dan gadget yang ada pada era itu juga menjadi salah satu hal yang diulas dalam buku ini, permainan-permainan pada masa itu, jajanan-jajanan pada masa itu juga tak kalah menariknya untuk dibahas.
Buku ini cukup mewakili apa saja yang membuat anak-anak generasi 90an bernostalgia dengan masa kecilnya. Dan buku ini lebih seru jika dibahas dengan teman-teman yang sama-sama generasi 90an. Dengan dibaca bersama, nostalgia kita akan lebih seru karena dari satu ulasan akan meluas pada ulasan yang lain dan tentunya membawa kita kembali ke era 90an saat kita merasakan apa yang sedang kita bahas dengan teman-teman kita. Jika hanya dibaca seroang diri, buku ini akan selesai dibaca dalam 15 menit. Tapi jika dibahas bersama dengan teman seperjuangan 90an, bisa sampai berjam-jam membicarakan memori 90an. Tak ada yang sempurna, buku ini asih memiliki kekurangan bagi saya. Permainan-permainan tradisional yang masih populer dimainkan anak-anak generasi 90an sedikit diulas padahal permainan tradisional ituah yang menjaga eratnya persaudaraan dan jiwa sosial anak-anak masa itu. Selebihnya, buku ini asik dibaca dengan konten yang menarik.

0 komentar:

Post a Comment