Sunday, June 21, 2015

KAJIAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM 3 : TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

                                                          
A. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam oleh Ahmad Tafsir
  • Al-Attas, tujuan pendidikan Islam adalah manusia yang baik.
  • Marimba berpendapat bahwa tujuan pendidikan Islam adalah terbentuknya orang yang berkepribadian muslim.
  • Al-Abrasyi, tujuan akhir pendidikan Islam adalah manusia yang berakhlak mulia.

    1. Pembinaan akhlak
    2. Menyiapkan anak didik untuk hidup di dunia dan di akhirat
    3. Penguasaan ilmu
    4. Keterampilan bekerja dalam masyarakat.

  • Munir Mursyi tujuan akhir pendidikan Islam adalah manusia sempurna.

    1. Bahagia di dunia dan akhirat
    2. Menghambakan diri kepada Allah
    3. Memperkuat ikatan keislaman dan melayani kepentingan masyarakat Islam
    4. Akhlak mulia.

  • Abdul Fattah Jalal, tujuan umum pendidikan Islam adalah terwujudnya manusia sebagai hamba Allah
  • Muhammad Quthb, tujuan umum pendidikan Islam adalah manusia yang takwa.
  • Konferensi Dunia Pertama tentang Pendidikan Islam, tujuan akhir pendidikan Islam adalah manusia yang menyerahkan diri secara mutlak kepada Allah.
  • Al-Syaibani, tujuan pendidikan Islam, yaitu:

    1. Tujuan yang berkaitan dengan individu, mencakup perubahan yang berupa pengetahuan, tingkah laku, jasmani dan rohani, dan kemampuan yang harus dimiliki untuk hidup di dunia dan akhirat.
    2. Tujuan yang berkaitan dengan masyarakat, mencakup tingkah laku masyarakat, tingkah laku individu dalam masyarakat, perubahan kehidupan masyarakat, memperkaya pengalaman masyarakat.
    3. Tujuan profesional yang berkaitan dengan pendidikan dan pengajaran sebagai ilmu, sebagai seni, sebagai profesi, dan sebagai kegiatan masyarakat.

  • Al-‘Aynayni membagi tujuan pendidikan Islam menjadi tujuan pendidikan umum dan khusus. Tujuan pendidikan umum ialah beribadah kepada Allah, maksudnya membentuk manusia yang beribadah kepada Allah. Tujuan khusus pendidikan Islam ditetapkan berdasarkan keadaan tempat dengan mempertimbangkan keadaan geografi, ekonomu, dan lain-lain yang ada di tempat itu. Tujaun ini dirumuskan berdasarkan ijtihad dari tempat itu.

B.  Ilmu Pendidikan Islam oleh Abuddin Nata
  1. Tujuan pendidikan Islam secara Universal, Bahwa pendidikan harus ditujukan untuk menciptakan keseimbangan pertumbuhan kepribadian manusia secara menyeluruh dengan cara melatih jiwa, akal pikiran, perasaan, dan fisik manusia. Dengan demikian pendidikan harus mengupayakan tumbuhnya seluruh potensi manusia, baik yang bersifat spiritual, intelektual, daya khayal, fisik, ilmu pengetahuan, maupun bahasa, baik secara perorangan maupun kelompok, dan mendorong tumbuhnya seluruh aspek tersebut agar mencapai kebaikan dan kesempurnaan. Tujuan akhir pendidikan terletak pada terlaksananya pengabdian yang penuh kepada Allah, baik pada tingkat seseorang, kelompok maupun kemanusiaan dalam arti yang seluas-luasnya.
  2. Tujuan Pendidikan Islam secara Nasional, Tujuan pendidikan Islam secara nasional ini dirumuskan oleh setiap negara (Islam). Tujuan pendidikan Islam secara nasional di Indonesia dapat dirujuk kepada tujuan pendidikan yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional sebgai berikut:
  3. Membentuk manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berkepribadian, memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi, keterampilan, sehat jasmani dan rohani, memiliki rasa seni, serta bertanggung jawab bagi masyarakat, bangsa, dan negara.
  4. Tujuan Pendidikan Islam secara Institusional, Yang dimaksud dengan tujuan pendidikan Islam secara institusional adalah tujuan yang dirumuskan oleh masing-masing lembaga pendidikan Islam.
  5. Tujuan Pendidikan Islam pada Tingkat Program Studi (Kurikulum), Tujuan pendidikan islam pada tingkat program studi adalah tujuan pendidikan yang disesuaikan dengan program studi.
  6. Tujuan Pendidikan Islam pada Tingkat Mata Pelajaran, Tujuan pendidikan Islam pada tinngkat mata pelajaran yaitu tujuan pendidikan yang didasarkan pada tercapainya pemahaman, penghayatan, dan pengalaman ajaran Islam yang terdapat pada bidang studi atau mata pelajaran tertentu.
  7. Tujuan Pendidikan Islam pada Tingkat Pokok Bahasan, Yaitu tujuan pendidikan yang didasarkan pada tercapainya kecakapan (kompetensi) utama dan kompetensi dasar yang terdapat pada pokok bahasan tersebut.
  8. Tujuan Pendidikan Islam pada Tingkat Subpokok Bahasan, Yaitu tujuan pendidikan yang didasarkan pada tercapainya kecakapan (kompetensi) yang terlihat pada indikator-indikatornya secara terukur.
  9. Tujuan Pendidikan Islam dari Segi Kepentingan Sosial, Tujuan pendidikan yang diharapkan oleh masyarakat, agama, negara, ideologi, organisasi, dan sebagainya.
  10. Tujuan Pendidikan Islam dari Segi Individu Peserta Didik, Tujuan yang menyangkut individu, melalui proses belajar dalam rangka mempersiapkan dirinya dalam kehidupan dunia dan akhirat.
  11. Tujuan Pendidikan Islam Gabungan antara Keduanya, Tujuan pendidikan dari segi perpaduan (konvergensi) antara bakat diri anak dan nilai budaya berasal yang dari luar.
 

0 komentar:

Post a Comment