Saturday, May 23, 2015

SHAKESPEARE''S GLOBE THEATRE


www.royalrio.net
Nama William Shakespeare pasti tak terdengar asing untuk Anda terutama salah satu dramanya yang terkenal, Romeo and Juliet. Tak hanya meninggalkan karya-karya drama yang indah, di London juga terdapat sebuah teater yang dulu pernah dimilikinya. Tempat ini jika diperhatikan seperti gedung biasa ketimbang sebuah gedung teater yang terkesan elegan. Shakespeare’s Globe Theater merupakan sebuah taman bermain dan tempat mempelajari drama di area terbuka. Shakespeare’s Globe Theater merupakan salah satu gedung pertunjukan yang spektakuler yang berada di Soutwark, tepian sungai Thames. Dulu tempat ini menjadi tempat favorit Shakespeare menulis teks drama. Bangunan ini sebenarnya adalah rekonstruksi dari Globe Theatre, sebuah rumah teater bergaya Elizabethan yang pernah terbakar habis pada tahun 1613, dibangun kembali pada tahun 1614 dan akhirnya mengalami kesedihan yang tragis setelah dihancurkan pada tahun 1644.

www.hotticketsforschools.com
Globe Theatre memiliki sejarah yang cukup dramatis. Sebuah asosiasi teater yang bernama Lord Chamberlain’s Men membangun rumah teater di atas sebidang tanah milik Giles Allen pada tahun 1599. Rumah teater yang dinamai The Globe ini berdiri di atas sebuah teater milik James Burbage, The Theatre yang sudah ada sejak ahun 1576.

Anak laki-laki James Burbage, Richard Burbage, bekerja sama dengan lima orang lainnya (Cuthbert Burbage, adik kandung Richard, William Shakespeare, John Heminges, Augustine Philips dan Thomas Pope) untuk mendirikan Lord Chamberlain’s Men.

Richard Burbage menyewa tanah tersebut untuk dipakai selama 21 tahun. Di akhir masa sewanya, Giles Allen menaikkan harga sewa gila-gilaan. Semua anggota The Chamberlain’s Men memutuskan untuk pindah ke tempat yang lebih murah; keputusan ini disetujui oleh sang tuan tanah dengan syarat bangunan yang sudah ada menjadi hak miliknya.

Pada tanggal 28 Desember 1598, saat Allen sedang liburan natal, para anggota teater The Chamberlain’s Men membongkar bangunan The Theatre, balok demi balok dan memindahkannya ke seberang sungai – ke tempat baru The Theatre.

Konstruksi asli The Globe berbentuk seperti amphitheatre terbuka berdiameter sekitar 30 meter dan mampu menampung 3,000 orang. Sebuah panggung berbentuk segiempat dibangun setinggi 1,5 meter dari tanah, dengan tangga di samping dan belakang sebagai akses aktor, aktris dan penata panggung.

www.theschoolrun.com
Di bagian depan panggung dibuka untuk penonton yang menikmati teater sambil berdiri, sedangkan di sekitar panggung terdapat tribun-tribun penonton setinggi tiga tingkat. Di samping panggung terdapat sebuah balkon yang seringkali digunakan sebagai properti drama – seperti yang barangkali pernah Anda lihat di lakon Romeo and Juliet.

Sebuah tragedi menghanguskan The Globe pada tanggal 29 Juni 1613. Saat itu pertunjukan drama yang tengah dimainkan menggunakan properti meriam api, dan saat diluncurkan meriam tersebut mengenai tatched roof (atap yang terbuat dari jerami atau ijuk) dan membakarnya.

Kebakaran meluas sampai ke panggung dan tiang-tiang kayunya. Teater yang baru, Globe Theatre, dibangun kembali di tempat yang sama pada bulan Juni 1614. Sayang sekali teater yang baru ini harus tutup pada tahun 1642 karena permintaan kaum Puritan yang menginginkan tempat-tempat hiburan ditutup. Sejak saat itu Globe Theatre tak pernah diingat lagi.

Sejarah teater Inggris dan sang legenda, William Shakespeare, diulang kembali pada tahun 1970 ketika seorang aktor dan sutradara Amerika bernama Sam Wanamaker memiliki ide untuk membangkitkan teater milik sang pujangga dari Inggris tersebut. Semua berawal dari kedatangannya di London pada tahun 1950-an.

Ia mampir ke tempat di mana Globe Theatre pernah berdiri, dan seketika merasa sedih karena melihat sejarah teater yang melegenda mengalami nasib yang mengenaskan. Ia akhirnya menciptakan Shakespeare Globe Trust dan International Shakespeare Globe Centre yang misinya untuk “menciptakan kembali” pekerjaan Shakespeare.

Sebuah teater klasik dibangun di tempat Globe Theater dulu pernah ada, dan diberi nama yang sama. Konstruksinya pun masih terbuat dari kayu lengkap dengan tatched roof. Atap seperti ini sebenarnya berbahaya, namun pemerintah Inggris mengijinkannya dengan syarat di dalam bangunan tersebut ada sistem pengamanan yang menyemprotkan air saat terjadi kebakaran.

Banguunan yang memiliki tatched roof seperti ini adalah yang pertama dan satu-satunya di seantero Inggris. Tribun penonton pun masih dibuat sama seperti dulu, tiga tingkat, dan panggung beserta ruang terbuka di depannya juga direkonstruksi hingga mirip seperti aslinya.

Globe Theatre yang baru ini dibuka kembali pada tahun 1997, dan sejak itu menampilkan kembali karya-karya Shakespeare untuk para penggemar teater. Dikarenakan Globe Theatre ini merupakan panggung pertunjukan terbuka, maka dibangunlah sebuah teater bergaya abad ke-16 di dekatnya sebagai ruang pertunjukan tertutup. Teater yang dinamai Blackfriars Theatre ini terletak di seberang sungai Thames, dan direncanakan akan dibuka untuk umum pada tahun 2013.

Pertunjukan drama di Globe Theatre hanya ada pada musim panas saja, pada bulan Mei sampai dengan bulan Oktober. Meskipun demikian, kunjungan dan tur berkeliling teater masih dibuka untuk umum sepanjang tahun kecuali pada tanggal 24 dan 25 Desember. Tur dengan pemandu di Globe Theatre diadakan setiap setengah jam mulai pukul 10.30 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Tiket kunjungan ke Globe Theatre dibanderol per orang sebesar ₤13.50 untuk dewasa atau ₤11.00 untuk pelajar. Ada juga tiket grup untuk keluarga dengan dua orang dewasa dan 3 anak-anak sebesar ₤36.00.

Akses dengan transportasi umum ke tempat ini sangatlah mudah. Stasiun subway paling dekat adalah Blackfriars atau Mansion House (District dan Circle Lines), London Bridge (Northern dan Jubilee Lines) atau St. Paul’s (Central Line). Akses terbaik ke Globe Theatre adalah dengan berjalan kaki. Dari Southwark Bridge, Anda dapat menyusuri sungai dari Waterloo. Millennium Footbridge terleak 50 meter saja dari Globe Theatre.

Note: Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Shakespeare’s Globe Theatre
21 New Globe Walk
Bankside, London SE1 9DT

Tel. +44 (0) 20 7902 1400

Sumber :

0 komentar:

Post a Comment