Saturday, May 2, 2015

PHOENIX

Phoenix adalah burung legenda yang mirip seekor elang tapi memiliki warna merah menyala seperti api yang terbang di angkasa. Phoenix disebut berasal dari matahari. Phoenix adalah burung api mitologi dari Mesir kuno dimana digambarkan sebagai burung yang mati oleh api dan dilahirkan kembali dari api. Biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah.

Pada akhir kehidupannya, Phoenix diceritakan membangun sarang dari ranting kayu manis dimana kemudian terbakar. Burung musnah oleh api tapi kemudian Phoenix baru yang masih muda muncul dari api yang sama. Diyakini masa hidup Phoenix adalah 500-1461 tahun. Airmata Phoenix dipercaya bisa menyembuhkan luka. Phoenix juga dikatakan dapat hidup selama 500 tahun, bahkan 1461 tahun.

Phoenix dalam Kebudayaan-kebudayaan di Dunia Phoenix dalam Kebudayaan Mesir Kuno Dalam kebudayaan Mesir Kuno, Phoenix dikenal dengan nama "Benu" dan berasal dari Heliopolis, Kota Matahari. Dalam heliogryph Mesir, Phoenix melambangkan perjalanan waktu dan masih merupakan simbol kehidupan abadi hingga kini. Di zaman akhir, tulisan Phoenix juga digunakan untuk mewakili Dewa Matahari, Ra, secara langsung sebagai simbol matahari terbit dan terbenam. Dalam kitab Book of the Dead dari Mesir Kuno, sebuah teks religius yang ditulis pada tahun 2000 SM, sang Phoenix menyatakan: "Aku adalah penjaga Catatan Takdir, buku tentang hal yang telah terjadi dan akan terjadi".


Banyak gambaran mengenai Phoenix dari seluruh Dunia dan satu persamaan dari Phoenix mereka adalah Phoenix merupakan burung legendaris. Namun jika berpikir mengenai Phoenix  dan kemungkinan adanya hewan yang mirip dengan Phoenix ini, maka Indonesia patut berbangga, karena salah satu burung khas Indonesia memiliki beberapa kesamaan dengan burung legendaris tersebut. Burung Cendrawasih Asli Indonesia Burung Cendrawasih yang bisa ditemukan di Papua, Indonesia, ini sering dijuluki dengan bird of paradise atau phoenix bird. Burung ini memang memiliki bentuk dan warna yang unik sekilas mirip dengan hewan mitologi, Phoenix. Tentu saja bulu-bulu Cendrawasih bukan dari api seperti Phoenix. Walaupun begitu, Cendrawasih adalah burung yang sangat indah. Burung ini dikenal karena bulunya yang tumbuh memanjang dan berwarna merah atau kuning yang indah.

Sumber:
http://akudanmitologi.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment