Saturday, May 2, 2015

CENTAUR

Dalam mitologi Yunani, Centaur adalah bangsa makhluk legendaris, makhluk setengah manusia setengah binatang yang dilukiskan berwujud manusia dari kepala sampai pinggang namun bagian tubuh ke bawah berwujud kuda.

Komposisi setengah manusia setengah kuda ini telah membuat banyak penulis menganggap bahwa centaurus adalah makhluk liminal, berada di antara dua sifat. Baik sebagai perwujudan alam liar, atau sebaliknya sebagai guru.

Pada awal peradaban dipercaya bahwa makhluk-makhluk centaurus ini pernah hidup sebagai salah satu ras manusia yang berbeda. Sampai saat ini, penelitian dan penggalian arkeologi belum menemukan bukti yang otentik untuk mendukung keberadaan mereka pada masa lampau, namun banyak prasasti dan artefak kuno yang telah ditemukan menampilkan gambar dan figur makhluk menakjubkan ini.

Menurut cerita, centaurus hidup tersembunyi di dalam gelapnya hutan. Mereka menghormati hutan seperti ibunya sendiri, memburu hewan seperlunya, serta berusaha sebisa mungkin untuk tidak tampil mencolok. Selain centaurus laki-laki, ternyata ada pula centaurus perempuan yang disebut Centaurides. Meskipun Centaurides tidak muncul dalam seni dan sastra Yunani kuno awal, namun mereka muncul dalam masa-masa kuno selanjutnya. Centaurus sangat mahir menggunakan panah serta lembing. Kecerdasan serta kebijaksanaannya konon lebih unggul dari manusia. Hal inilah yang membuat mereka merasa arogan dan lebih senang hidup di hutan. Para pemburu biasanya memburu centaurus untuk mengambil jantung mereka. Centaurus memiliki dua jantung. Jantung pada bagian tubuh manusianya memiliki efek kamuflase serta peningkatan kemampuan memanah pada manusia yang memakannya. Sedangkan jantung kuda centaurus memiliki efek membuat yang memakannya dapat berlari tiga hari tiga malam tanpa rasa lelah.


Centaurus dikatakan muncul secara individual maupun berkelompok dan disebutkan bahwa makhluk ini menghuni daerah Magnesia dan Gunung Pelion di Thessalia, Hutan Ek Foloi di Elis, dan Semenanjung Maleia di Lakonia Selatan. Kelahiran Centaurus Dikisahkan bahwa centaurus lahir dari hubungan antara manusia dengan dewa. Ayah centaurus adalah Ixion, seorang manusia penguasa dari Thessaly, yang berselingkuh dengan Dewi Hera, istri Zeus. Zeus yang cemburu kemudian menciptakan kembaran Hera dari gumpalan awan dan menamainya Nephele. Suatu ketika Ixion yang mengganggap Nephele yang ditemuinya adalah Hera melakukan hubungan badan. Nephele kemudian mengandung dan melahirkan makhluk manusia setengah kuda yang kemudian dia namai Centaurus.

Sumber:
http://imagitopia.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment