Saturday, May 2, 2015

LONDON OVERGROUND & LONDON UNDERGROUND : Transportasi murah dan efisien

Untuk soal transportasi, Inggris memang memiliki sistem transportasi tertua di dunia, khususnya London sebagai ibu kota negara Inggris. 

Sebagai salah satu kota terpadat di Inggris, London untuk jalur transportasi kereta, memiliki dua tipe jaringan transportasi kereta. Alat transportasi yang efisien dan murah. Anda dapat menggunakan transportasi umum sebagai pilihan yang tepat untuk bepergian. Selain aman,waktu tempuh untuk mencapai destinasi wisata pun menjadi lebih singkat. Dua jaringan kereta yang ada di London adalah London Overground dan London Undergrond.

LONDON OVERGROUND
London Overground (LO) adalah jaringan kereta api komuter di Britania R
ikon LO
aya. Didirikan pada tahun 2007, LO melayani sebagian besar kawasan London Raya dan Hertfordshire, dengan jaringan inti yang terdiri dari delapan puluh tiga stasiun di enam jalur. Jaringan ini dioperasikan oleh London Overground Rail Operations (LOROL), bagian dari jaringan National Rail, dan berada di bawah kontrol dan merek waralaba dari Transport for London. Layanan kereta api di Britania Raya sebagian besar dijalankan di bawah waralaba kereta api yang dioperasikan oleh perusahaan-perusahaan operator kereta swasta, yang dipasarkan oleh National Rail.

citytransport.info
Sebuah skema percontohan diluncurkan pada tahun 2003, yang menyebabkan layanan National Rail lokal dioperasikan di kawasan London oleh beberapa perusahaan di bawah merek Overground Network. TfL mempromosikan penampilan informasi yang konsisten, penandaan stasiun, dan penyediaan peta di rute-rute terpilih di London Selatan. Meskipun uji coba ini sebenarnya adalah promosi merek dagang, namun ini menjadi promosi pertama TfL yang pengaruhnya terlihat pada National Rail. Promosi Jaringan Overground Network ini kemudian ditarik.

Pada bulan Januari 2004, Department for Transport mengumumkan akan meninjau industri kereta api di Britania Raya. Sebagai bagian dari peninjauan itu, proposal diajukan oleh TfL kepada "London Regional Rail Authority" untuk memberikan kekuatan regulasi pada TfL atas layanan kereta api di sekitar London Raya.

Hasil dari peninjauan ini adalah dengan mengalihkan bagian waralaba kereta Silverlink kepada TfL. Hal ini menyebabkan disepakatinya pembentukan suatu otoritas kereta api yang memiliki kewenangan luas di London.

Rute
Overground terdiri dari jalur-jalur berikut ini:

Jalur London Timur – Highbury & Islington ke Crystal Palace, Highbury & Islington ke West Croydon (layanan Limited Sunday); Dalston Junction ke West Croydon, Dalston Junction ke New Cross, Dalston Junction ke Crystal Palace (layanan Limited Sunday)
Jalur Gospel Oak ke Barking – Gospel Oak ke Barking
Jalur London Utara – Richmond ke Stratford (sesi Stratford ke North Woolwich ditutup pada 9 Desember 2006 bagian itu kini dikembangkan untuk DLR).
Jalur Watford DC – Watford Junction ke Euston
Jalur London Barat – Clapham Junction ke Willesden Junction
Jalur London Selatan – Highbury & Islington ke Clapham Junction
Jaringan bersimpang susun dengan jalur tube Bakerloo, Central, District, Hammersmith & City, Jubilee, Utara dan Victoria, dan juga dengan jaringan Docklands Light Railway dan Tramlink. Jalur Overground berhimpitan dengan jalur Underground dalam peta tube standar yang dikeluarkan oleh TfL, 

LONDON UNDERGROUND
ikon LU
London Underground adalah jaringan transportasi massal kereta listrik di bawah tanah yang melayani daerah kota London dan London Raya atau sering disebut dengan istilah metro. Jaringan ini, yang merupakan jaringan sejenis yang tertua di dunia, juga dikenal dengan nama the Tube atau cukup Underground dan sudah mulai beroperasi sejak 10 Januari 1863 pada Metropolitan Railway yang sekarang rutenya dilayani oleh Circle Line dan Hammersmith & City Line.

Jaringan ini memiliki 274 stasiun serta 253 mil atau 408 km rel aktif yang melayani 3 juta perjalanan penumpang per hari. Pada 2003 - 2004, terdapat 948 juta perjalanan yang telah dilayani. Sejak 2003, London Underground menjadi bagian Transport for London atau TfL yang juga mengelola kontrak bis tingkat London yang populer.

telegraph.co.uk
London Underground memiliki 274 stasiun dengan panjang lintasan sekitar 408 km dan melayani 3 juta penumpang setiap harinya. Jaringan tersebut melalui beberapa rute yaitu: Bakerloo Line, Central Line, Circle Line, District Line, Hammersmith & City Line, Jubilee Line, Metropolitan Line, Northern Line, Piccadilly Line dan Victoria Line. Pada tahun 2003 hingga 2004 kereta bawah tanah ini bahkan telah melayani hingga 948 perjalanan.

Ada beberapa jenis tiket yang dapat Anda gunakan untuk naik kereta bawah tanah ini. Jika ingin berkeliling kota, kita dapat membeli off peak ticket dan anytime ticket yang dapat digunakan kapan saja. Masyarakat London biasanya menggunakan peak hour ticket dengan harga yang lebih murah. Layanan tersebut dapat digunakan pada jam kerja atau pada pukul 06.30 – 09.30 dan 16.00 – 19.00. Tiket London Underground hanya dapat digunakan untuk sekali perjalanan saja.


Sebelum membeli tiket perlu dipahami dulu bahwa London dibagi kedalam enam zona. Anda bisa lihat dalam  peta London Underground dengan diberi angka satu sama enam. Jika Anda berangkat di zona pertama maka dikenakan harga £8. Sedangkan saat off peak menggunakan one day ticket seharga £6,6 dan harga bisa berbeda setiap zona. Agar mempermudah, wisatawan juga dapat menggunakan kartu Oyster dengan harga yang lebih murah.

0 komentar:

Post a Comment