Saturday, May 2, 2015

WESTMINSTER ABBEY LONDON

commons.wikimedia.org
The Collegiate Church of St Peter, Westminster, yang lebih dikenal dengan nama Westminster Abbey, adalah sebuah gereja dengan arsitektur Gothic di Westminster, London, di sebelah barat Palace of Westminster. Gereja ini adalah tempat tradisional penobatan raja dan ratu Inggris dan juga pemakaman mereka.

Didirikan oleh Edward the confessor tahun 1050. Sebenarnya nama asli gereja ini adalah Collegiate church st. peter, namun karena letaknya di Westminster gereja ini dikenal dengan Westminster abbey. Bangunan ini menjadi tempat pelantikan para keluarga raja inggris. Selain itu, tempat ini juga menjadi pemakaman para keturunan raja inggris. Bangunan ini menjadi gereja tahun 1066. Bentuk gereja ini sangat menaris, apabila kita melihat dari atas, maka bangunan bergaya gothic ini berbentuk salib raksasa. Ornamen dan hiasan dinding gereja ini pun juga menarik.

Ensiklopedia Britannica menggambarkan gereja ini berada di biara Benedictine yang dibangun kembali sebagai satu gereja yang dikelola dari Gereja Santo Petrus tahun 1560 oleh Ratu Elizabeth I. Menarik memang menelusuri Gereja Wesminster ini. Legendanya konon menyebutkan Saberht, Raja Kristen Pertama dari East Saxons mendirikan gereja kecil di pulau kecil Sungai Thames disebut west minster atau biara sebelah barat.

Gereja ini ajaibanya disucikan oleh Santo Petrus. Itu menurut cerita dari Britannica. Memang di daerah ini katanya  diperkirakan adanya komunitas kecil biarawan di pulau kecil itu tahun 785. Dan kompleks biara itu diperluas dan dipercantik oleh Santo Dunstan tahun 960. Selanjutnya Raja Edward membangun gereja baru di tempat itu yang disucikan 28 Desember 1065. Ukurannya cukup besar dengan sebuah salib.

Sisi utara Westminster Abbey (freakensweet.com)
Tahun 1245 Raja Henry III merubuhkan gereja yang dibangun Raja Edward dan menggantikannya dengan bangunan gereja seperti sekarang dengan gaya ghotic. Konon desain dan rancangannya sangat dipengaruhi oleh arsitektur Katedral Perancis.

Pembangunan kembali gaya Norman dimulai akhir 1300 di bawah pimpinan arsitek Henry Yevele. Ini berlanjut terus sampai era Tudor. Menara bagian Barat kemudian ditambahkan belakangan terhadap gereja ini. Sebagian pihak menyebut dirancang oleh Sir Christopher Wren namun sebenarnya dibangun oleh Nicholas Hawksmoor dan John James, diselesaikan tahun 1745.

Mengenai bagian dalam gerejanya, tempat paduan suara gereja dapat dicatat pada tahun tahun 1847. Namun altarnya beserta perlengkapannya, menurut Ensiklopedi Britannica, dirancang ulang oleh Sir George Gilbert Scott tahun 1867. Patut dicatat di sini, Scott and J.L. Pearson juga melakukan restorasi dinding sebelah utara tahun 1880-an.

Interior Westminster Abbey (visitlondon.com)
Ketika Perang Dunia II berkecamuk 1939-1945 London terkena serangan pesawat udara dan roket Jerman, tidak terkecuali Gereja Westminster Abbey. Namun meski demikian segera diperbaiki begitu perang usai.

tourstolondon.co.uk
Gereja ini memang memiliki sejarah penting bagi Kerajaan Inggris. Sejak Raja William setiap penguasa kerajaan dinobatkan di sini kecuali Edward V dan Edward VIII yang tidak mengenakan mahkota. Banyak raja dan ratu juga dimakamkan dekat Raja Edward atau di kapel raja Henry VII. Penguasa yang terakhir dimakamkan di sini adalah George II yang meninggal tahun 1670. Sejak itulah para raja dan ratu pemakamannya dipindahkan ke Kastil Windsor.

Sejak tahun 1987, Westminster Abbey, Gereja Santa Margaret dan House of Parliament dikukuhkan Unesco sebagai situs warisan dunia.

Berikut adalah daftar nama orang-orang yang dimakamkan di Westminster Abbey

A. Nave
  1. Clement Attlee, 1st Earl Attlee
  2. Angela Georgina Burdett-Coutts
  3. Thomas Cochrane, 10th Earl of Dundonald
  4. Charles Darwin
  5. Saint Edward the Confessor
  6. George Graham
  7. Ben Jonson
  8. David Livingstone
  9. James Clerk Maxwell
  10. Sir Isaac Newton
  11. Ernest Rutherford, 1st Baron Rutherford
  12. Ludovic Stewart, 2nd Duke of Lennox
  13. J.J. Thomson
  14. William Thomson, 1st Baron Kelvin
  15. Thomas Tompion
  16. The Unknown Warrior
  17. George Villiers, 1st Duke of Buckingham
  18. Charles Lyell


B. Transept utara
  1. William Ewart Gladstone
  2. William Pitt, 1st Earl of Chatham
  3. William Pitt the Younger


C. Transept selatan
  1. Robert Adam
  2. Robert Browning
  3. William Camden
  4. Thomas Campbell
  5. Geoffrey Chaucer
  6. William Congreve
  7. Abraham Cowley
  8. William Davenant
  9. Charles Dickens
  10. John Dryden
  11. Adam Fox
  12. David Garrick
  13. John Gay
  14. George Frederick Handel
  15. Thomas Hardy
  16. Dr Samuel Johnson
  17. Rudyard Kipling
  18. Thomas Macaulay
  19. John Masefield
  20. Laurence Olivier, Baron Olivier
  21. Thomas Parr
  22. Dante Rossetti
  23. Richard Brinsley Sheridan
  24. Edmund Spenser
  25. Alfred Tennyson, 1st Baron Tennyson


D. Cloisters
  1. Aphra Behn


E. North Choir Aisle
  1. Henry Purcell
  2. Ralph Vaughan Williams

Sumber:

0 komentar:

Post a Comment