Saturday, May 2, 2015

ALEXANDRA PALACE : Istana Rekreasi Keluarga

designmynight.com
Alexandra Palace meupakan sebuah bangunan yang didirikan sebagai pasangan dan sekaligus untuk mengimbangi Crystal Palace yang terletak di London Selatan, itulah Alexandra Palace, bangunan yang terletak di London Utara.

Alexandra Place yang kerap disebut dengan nama panggilan “Ally Pally” terletak di dalam area taman Alexandra Park, di antara distrik Hornsey, Muswell Hill dan Wood Green. Bangunan ini dipergunakan sebagai pusat rekreasi, pendidikan dan hiburan untuk masyarakat London, khususnya London Utara. Bangunan ini juga merupakan rumah bagi stasiun televisi Alexandra Palace dan sekaligus memiliki studio dan menara radio.

Crystal Palace dibangun pertama kali di Hyde Park untuk menggelar acara Great Exhibition tahun 1851. Setelah selesainya acara Great Exhibition, gedung Crystal Palace tidak lagi dipergunakan. Masyarakat kota London lalu meminta supaya bangunan besar tersebut dirubuhkan karena masyarakat tidak suka ada bangunan semacam itu di Hyde Park.

Alih-alih dirubuhkan, Crystal Palace kemudian dipindahkan dari Hyde Park dan dibangun lagi di Penge Common, suatu daerah di London Selatan. Sebagai pasangan dan penyeimbang dari Crystal Palace inilah kemudian muncul gagasan untuk membangun sebuah bangunan di daerah London utara. Karena dibutuhkan waktu untuk penggalangan dana, pembangunan bangunan ini baru bisa dimulai pada tahun 1865.

architectsjournal.co.uk
Pada awalnya bangunan ini akan diberi nama “The Palace of the People” yang bisa diartikan sebagai “Istana untuk masyarakat”. Namun kemudian diputuskan bahwa bangunan istana ini akan didedikasikan untuk Princess of Wales yang baru yaitu princess Alexandra of Denmark; empat bulan sebelumnya, ia baru saja dinikahi oleh Albert Edward, Prince of Wales. Maka dari itulah bangunan ini diberi nama resmi Alexandra Palace, dengan nama lainnya adalah “Palace of the People” atau “People’s Palace”.

Alexandra Palace selesai dibangun dan dibuka secara resmi pada tahun 1873. Gedung ini memiliki luas kurang lebih 30.000 meter persegi, dibangun oleh Lucas Brother, kontraktor yang saat itu juga sedang membangun Royal Albert Hall. Bangunan yang baru tersebut memiliki fasilitas berupa concert hall, galeri seni, museum, ruang kuliah, perpustakaan, ruang perjamuan dan juga panggung pertunjukan.

Pada tahun 1935, beberapa bagian dari Alexandra Palace dipergunakan oleh BBC sebagai tempat produksi sekaligus pusat transmisi siaran televisi BBC di kota London. Antena yang dipasang pada bagian timur merupakan rancangan dari Charles Samuel Franklin dari Marconi Company.

Bangunan Alexandra Palace membentuk bangunan jajaran genjang yang mendominasi sebagian besar area di Alexandra Park. Ruangan dalamnya berupa sebuah ruang sentral besar dengan taman ala Italia di sisinya. Central Hall ini membagi istana menjadi dua bagian yang sama dengan dihiasi oleh sebuah kubah megah yang ditopang oleh pilar besi dengan berbagai ornamen.

alexandrapalace.com
Alexandra Palace memiliki 2 buah ruangan yang sering dipergunakan untuk menggelar berbagai macam pertunjukan, yaitu Theatre dan Concert Room. Theatre istana mampu menampung 4000 penonton, dibangun dan didukung dengan gaya dan peralatan modern. Ukuran dari theatre ini kurang lebih sama dengan Theatre Drury Lane yang terletak di Covent Garden, dan telah dipergunakan untuk menggelar pertunjukan yang dramatik dan spektakuler. Sedangkan Concert Room di Alexandra Palace dapat menampung kurang lebih 3500 penonton. Concert room ini sering dipergunakan untuk pertunjukan musik khususnya orkestra.

Salah satu daya tarik utama dari Alexandra Palace adalah adanya Ice Rink, yaitu arena es untuk bermain ice skating. Arena es ini dibangun pertama kali pada tahun 1990, dan sejak itu arena es ini ramai dikunjungi masyarakat yang menggemari ice skating.

Selain dipergunakan untuk masyarakat umum, arena Ice Rink ini juga dipergunakan oleh klub hoki profesional. Pihak Alexandra Palace juga menyediakan pelatih bagi mereka yang belum terbiasa untuk bermain ice skating, atau bagi yang ingin belajar bermain hoki. Untuk memasuki arena ice-skating ini dikenakan biaya masuk, bagi yang bermain ice-skating atau yang sekadar menonton.

Untuk dapat bermain ice-skating di arena es, pengunjung harus membayar £9, namun pengunjung hanya dikenakan biaya £8 apabila membawa sepatu ice-skating sendiri. Sedangkan bagi para penonton dikenakan biaya £1.50, sudah termasuk biaya masuk dan mendapatkan segelas minuman hangat dari Ice Cafe.

Alexandra Palace bukanlah sebuah istana yang dipergunakan sebagai kediaman bagi keluarga kerajaan Inggris. Namun walaupun begitu, istana ini tidak kalah megah dengan istana Inggris lainnya. Alexandra Palace merupakan tempat dengan berbagai fasilitas dan sarana hiburan bagi masyarakat kota London, khususnya London utara. Bagi penggemar permainan ice-skating, mengunjungi arena Ice rink di Alexandra Palace bisa dijadikan salah satu tujuan rekreasi dan hiburan.

Sumber :


0 komentar:

Post a Comment