St. Pancras Station |
St Pancras Station berada di Euston Road di daerah St
Pancras, London Borough of Camden di kota London, terletak diantara British
Library, King’s Cross tube station dan Regent’s Canal. St Pancras Station kerap
dijuluki sebagai “cathedral of the railways” dan merupakan salah satu dari
bangunan paling terkenal yang dibangun pada masa Victorian.
St Pancras station terletak di jantung kota London dan
memiliki koneksi ke banyak stasiun lainnya di kota London dengan kereta
utamanya adalah Eurostar, East Midlands trains, Southeastern dan First Capital
Connect. Kereta Eurostar menghubungkan
kota London dengan berbagai kota lain di Eropa seperti Paris, Lille, Brussels
dan kota-kota lainnya. Kereta Southeastern merupakan satu-satunya high speed
commuter service di Britania yang dapat mencapai kecepatan sampai 300km/jam
dengan tujuan ke London timur dan Kent. Kereta East Midlands Trains menghubungkan
St Pancras Station ke kota besar di Midlands dan Inggris utara dengan servis
langsung menuju ke Nottingham, Derby, Sheffield dan Leeds. Sedangkan kereta
First Capital Connect menyediakan jalur menuju ke Bedford, Lutton dan Brighton.
Selain itu juga terdapat pintu masuk untuk menuju ke King’s
Cross St Pancrass underground station. Stasiun kereta bawah tanah tersebut
melayani kereta pada jalur Circle, Hammersmith&City, Metropolitan,
Northern, Piccadilly dan Victoria Line.
Sejarah
Sebelum tahun 1860, Perusahaan kereta api Midland Railway
memiliki jaringan rel kereta api di Midlands, South and West Yorkshire dan
Lancashire, namun malah belum memiliki rute menuju ke kota London. Maka
dibangunlah sebuah stasiun baru di kota London yaitu St Pancras railway station
yang kini menjadi stasiun kereta internasional dan merupakan salah satu stasiun
kereta api yang paling terkenal di Inggris.
Dibangun oleh perusahan kereta api Midland Railway untuk
memenuhi kebutuhan rute menuju ke pusat kota London. Bangunan stasiun didesain
oleh arsitek William Henry Barlow dan mulai dibangun pada tahun 1863. Stasiun
ini selesai dibangun pada tahun 1868, dan dibangun dengan gaya arsitektur
Victorian Gothic yang megah.
Supaya pondasi atap tidak mengganggu ruangan di bawahnya,
stasiun ini dibangun dengan menggunakan satu atap dengan disangga oleh
lengkungan. Saat pertama kali dibuka, St Pancras Station merupakan bangunan
dengan struktur satu atap yang paling luas di dunia.
Interior St. Pancras Station |
Setelah selesainya pembangunan stasiun, kemudian dilanjutkan
dengan pembangunan hotel di stasiun tersebut yaitu Midland Grand Hotel.
Pembangunan hotel dilakukan dengan desain dari arsitek George Gilbert Scott,
dimulai pada tahun 1868 dan resmi dibuka tahun 1873.
Midland Grand Hotel dibangun dengan arsitektur gaya Italian
Gothic dengan beberapa bagian dipengaruhi oleh berbagai gaya arsitektur lain.
Sejak selesainya pembangunan Stasiun, Midland Railway mengembangkan bisnisnya
dengan membuka jalur ke Manchester, Nottingham, Sheffield dan Carlisle.
Pada abad 20 terjadi perubahan besar terhadap St Pancras
station. Dikeluarkannya undang-undang Railways Act of 1921 memaksa terjadinya
merger antara Midland Railway dengan LNWR (London and North Western Railway)
sehingga menjadi LMS (London, Midland and Scottish) Railway.
Pada tahun 1935 Midland Grand Hotel ditutup dan dipergunakan
sebagai kantor. Keadaan stasiun semakin memburuk setelah terkena serangan bom
pada saat meletusnya Perang Dunia II. Pembangunan British Railways tahun 1948
juga turut berpengaruh karena St Pancras dianggap memiliki fungsi yang sama
sehingga terancam untuk ditutup. Namun hal ini ditentang oleh sebagian
masyarakat, sehingga stasiun ini selamat. Kampanye penyelamatan stasiun dan
hotel dari penghancuran dipimpin oleh John Betjeman.
St Pancras Station kini telah kembali berdiri dengan megah
dan menjadi salah satu bangunan yang dibangun pada masa Victorian dengan gaya
Victorian gothic yang paling terkenal. Beberapa patung berdiri dengan tegak
menghiasi stasiun ini, diantaranya adalah patung yang merepresentasikan Sir
John Betjeman.
0 komentar:
Post a Comment