Thursday, April 2, 2015

FREEMASON'S HALL LONDON : Markas Besar Mason Bebas

Freemason's Hall - askward.com
Gedung ini adalah Freemasons’ Hall, sebuah markas dan gedung pertemuan milik orang-orang dari persaudaraan Freemason; meskipun demikian, aula-aula di dalamnya boleh disewa untuk umum bahkan siapapun dapat berkunjung untuk melihat-lihat dalamnya seperti apa. Cerita tentang Freemasons’ Hall dimulai dari tahun 1769 ketika Grand Lodge (sebutan untuk persaudaraan Freemason di Britania Raya) merencanakan untuk membangun sebuah markas di kota London dan mengadakan penggalangan dana dari antara para anggota.

Ruangan ini dapat menampung 1,700 orang. Bagian atap dari Grand Temple ini adalah sebuah mosaik dan simbol-simbol dari ritual masonic; sudut-sudutnya dijaga oleh elemen-elemen kebaikan – Prudence, Temperance, Fortitude, dan Justice – dan lengan dari HRH Arthur, Grand Master yang menaungi Freemason di era 1901- 1939.

Freemason's Hall interior - www.thesun.co.uk
Freemasons’ Hall buka dari hari Senin sampai dengan hari Jumat (Sabtu dan Minggu libur) mulai pukul 11.00 sampai dengan pukul 5 sore. Selain pada akhir pekan, Freemasons’ Hall juga tutup pada hari-hari libur nasional serta pada libur Natal dan Tahun Baru.

Setiap pengunjung boleh datang dan melihat-lihat ruang demi ruang yang ada di Freemasons’ Hall serta masuk ke perpustakaan yang dibuka untuk umum dan menikmati koleksi buku tentang sejarah dan sepak terjang anggota Freemason di seluruh dunia.

Gedung Freemasons’ Hall ini sungguh memanjakan mata, dengan fasade art deco yang menawan di atas 1,25 acre. Awalnya diberi nama Masonic Peace Memorial, namanya kemudian diganti menjadi Freemasons’ Hall saat Perang Dunia II pecah pada tahun 1939.

Kedamaian membawa sebuah model menara Freemasons’ Hall. Sebuah peti dari perunggu dirancang oleh Walter Gilbert, arsitek yang juga merancang Victoria Memorial di hadapan Buckingham Palace. Peti ini berisi sebuah gulungan yang jika dilihat dari sudut menggambarkan empat buah figurine (patung kecil) perlambang empat buah kesatuan tentara Inggris.

Seperti dua abad yang lalu, bagian tengah dari Freemasons’ Hall adalah Grand Temple, ruang meeting dari Grand Lodge, Grand Chapter dan persekutuan Freemason lainnya. Pintu perunggu di mukanya masing-masing memiliki berat 250 kilogram, menyambut Anda ke sebuah ruangan luar biasa luas sepanjang 123 feet, lebar 90 fet dan tinggi 62 feet.

Sumber : http://eropa.panduanwisata.id/inggris/sejarah/bangunan-klasik-yang-megah-bernama-freemasons-hall-london/

0 komentar:

Post a Comment