Monday, March 2, 2015

PEMANDANGAN BANDUNG DI PUNCAK BINTANG BUKIT MOKO

Puncak Bintang Bukit Moko Bandung
Banyak tempat di Bandung yang dijadikan sebagai tempat wisata alam yang memanjakan pengunjungnya dengan pemandangan memukau. Salah satunya adalah wisata alam, Bukit Moko. Tanggal 27 Februari 2015 ini saya dan teman saya mengunjungi lokasi wisata ini yang katanya memiliki pemandangan bagus.

Bukit Moko berada disekitar ketinggian 1440 meter dari permukaan laut. Dari atas bukit ini kamu bisa melihat pemandangan 180 derajat kota Bandung. Hal inilah yang membuat Bukit Moko disebut sebagai puncak tertinggi di kota Bandung oleh warganya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan hutan pinus sambil berjalan menuju Puncak Bintang atau bisa dibilang puncak tertinggi Moko.





Selain bisa melihat pemandangan cekungan Bandung yang dikelilingi oleh gunung-gunung, di Bukit Moko ini juga kita bisa memesan makanan dan minuman di Warung Daweung, satu-satunya warung yang ada di sini. Makanan dan minuman hangat di Warung Daweung dapat mengurangi rasa dingin dari udara di Bukit Moko. Makanan atau minuman hangat ini memang paling cocok untuk menemani ngadaweung (melamun) sambil menikmati indahnya panorama Kota Bandung.

Banyak orang yang datang ke sini menjelang malam hari. Selain untuk menghindari cuaca siang yang panas alasan lainnya adalah untuk bisa melihat sunset yang sangat indah. Saat malam tiba, suguhan citylight Kota Bandung yang seperti ratusan bintik-bintik cahaya akan memanjakan mata semua. Bagi yang belum puas dengan melihat sunset dan citylight, cukup dengan bermalam di sini bisa melihat indahnya matahari terbit dari balik gunung yang mengelilingi Kota Bandung.

Untuk sampai ke Bukit Moko bisa lewat beberapa jalur. Sayangnya yang saya tahu hanya via jalur Padasuka Cicaheum. Jika melewati jalur Padasuka, sepanjang perjalanan akan disuguhkan rumah-rumah warga yang berjejer di sepanjang jalan. Kemudian saat dilanjutkan ke atas, akan menemui tempat yang namanya Caringin Tilu. Di tempat ini kita bisa sedikit beristirahat sambil menikmati sejuknya udara di bawah pohon beringin yang sangat besar sebelum melanjutkan perjalanan. Untuk dapat mencapai Bukit Moko, perlu berjalan terus ke atas. Jika sudah melihat bangunan kayu yang bernama Wrung Daweung, itu artinya sudah sampai di Bukit Moko. Pengunjung akan dikenai voucher wajib Rp 10.000 dan 25.000 untuk masuk ke Warung Daweung. Tapi pengunjung tidak harus selalu jajan di situ. Jika pengunjung ingin langsung ke Puncak Bintang pun bisa dengan hanya membeli Tiket masuk Rp. 8.000 per orang.

Bagi yang ingin berwisata ke Bukit Moko dan mengunjungi Puncak Bintang, disarankan untuk memeriksa kendaraan terlebih dahulu, karena rute perjalanan menuju Bukit Moko bukan rute yang mudah dilalui. Kondisi badan dan kendaraan harus dalam keadaan prima. Untuk sampai ke Bukit Moko tidak ada kendaraan umum, jadi jika tidak memiliki kendaraan pribadi, maka harus ditempuh dengan berjalan kaki atau menumpang mobil pick up yang kebetulan menuju ke sana.


Referensi Tambahan :



2 comments:

  1. untuk ke bukit bintang ... aksesnya harus masuk warung daweung dulu ya ... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga harus ke warung daweung, hanya lewat saja.. langsung saja ke loket tiket puncak bintang..

      Delete