Monday, February 16, 2015

PESONA SITU BAGENDIT

Situ Bagendit
Situ Bagendit terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Situ Bagendit merupakan objek wisata alam berupa danau dengan batas administrasi disebelah utara berbatasan dengan Desa Banyuresmi, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, disebelah timur berbatasan dengan Desa Binakarya, dan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sukamukti.

Situ Bagendit
Situ bagendit, selain terkenal sebagai ojek wisata, juga terkenal akan legendanya. Dalam legendanya, Situ Bagendit terdiri dari dua asal kata, yakni Situ yang berarti danau kecil dan Bagendit berasal dari Nyai Endit seorang janda kaya yang tamak, kikir, serakah dan sok berkuasa. Karena ketamakannya, Nyi Endit bersama-sama dengan hartanya akhirnya ditenggelamkan oleh si pengemis sakti yang telah tersakiti hatinya. Maka, jadilah sekitar rumah Nyi Endit direndam air bah yang kini disitu dikenal dengan Situ Bagendit.

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Situ Bagendit ini antara lain menikmati pemandangan, mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau rakit. Di situ ini terdapat beberapa rakit dengan atapnya yang terbuat dari bambu dan tempat duduknya yang berwarna-warni, yang kapanpun selalu siap mengantarkan pengunjung untuk mengelilingi isi danau dengan biaya mulai Rp 15.000 hingga Rp 35.000. Tak hanya ada rakit, beberapa buah perahu kecil berbentuk angsa dan kano juga tersedia untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana danau secara lebih eksklusif dengan biaya sewa Rp 20.000 sepuasnya tanpa batas waktu.

Situ Bagendit
Jarak yang ditempuh untuk sampai ke kawasan wisata Situ Bagendit ini sekira 4 Km dari pusat Kota Garut. Jika pengunjung tidak membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan angkutan umum berupa angkot jurusan Terminal Guntur-Kampung Mengger dan Garut-Limbangan dan juga ojeg. 

Situ Bagendit memiliki potensi wisata yang sangat menarik dengan latar belakang gunung yang menjulang tinggi. Biaya masuknya pun murah meriah. Untuk orang dewasa dikenai biaya tiket sebesar Rp 3.000 per orang dan anak anak sebesar Rp. 2.000 per orang. Murah kan?? Ayo buat anda yang berkunjung ke Garut, jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini. 

0 komentar:

Post a Comment