Sunday, February 15, 2015

TALAGA BODAS ;Pesona di Kabupaten Garut

Kawah Talaga Bodas Garut
Hari Sabtu, 14 Februari 2015 saya berencana untuk mengunjungui sebuah tempat wisata alam di daerah Wanaraja kabupaten Garut. Bagi anda yang menyukai wisata alam, sepertinya wajib untuk datang ke salah satu wisata alam indah yang ada di Garut Jawa barat. Garut Jawa Barat masih menyimpan keindahan alam yang dapat memanjakan mata kita yang dikenal dengan Talaga Bodas yang merupakan kawah dari Gunung Talaga Bodas. Dinamakan Talaga Bodas yang berarti Danau Putih karena wisata ini terdapat kawah dengan warna putih.

Gunung Talaga Bodas merupakan gunung stratovolcano di bagian selatan Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini terbentuk dari lava andesit dan piroklastik. Dilokasi ini dapat ditemukan juga fumarol, kolam lumpur, dan mata air panas di sekitar danau kawah. Perubahan warna danau kawah dilaporkan pernah terjadi pada tahun 1913 dan 1921. (dari Wikipedia)


Kawah Talaga Bodas Garut
Talaga Bodas merupakan Taman Wisata Alam yang dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan. Taman Wisata Alam (TWA) Talaga Bodas dikelola berdasarkan aspek legalitas berupa SK Mentri No : 98 / KPTS / UM / 1978. (dari Disparbud Jabar)
  
Kawasan wisata ini memiliki lahan seluas 23,85 ha. Kawah Talaga Bodas berada di ketinggian 1512 mdpl sedangkan Gunung Telaga Bodas sendiri memliki ketinggian sampai 2201 mdpl dengan kontur lahan berbukit dan kemiringan lahan yang curam. Aktivitas wisata yang ada berupa trekking, hiking, fotografi, piknik, atau sekedar jalan-jalan.

Sebelum kita sampai di lokasi wisata talaga bodas, kita akan di sambut oleh pemandangan alam yang sangat menawan. Tanah yang berbukit-bukit, dengan tinggkat kemiringan yang tinggi. Penduduk setempat menfaatkan kondisi tersebut dengan menjadikanya kebun sayuran, semisal kol dan tomat. Untuk bisa sampai ke lokasi Talaga Bodas kita bisa menggunakan angkutan umum jurusan Garut-Cibatu, kemudian setelah sampai di pasar Wanaraja pengunjung naik ojek di ujung jalan masuk ke lokasi. Akan tetapi, pada umumnya pengunjung datang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dari pasar Wanaraja menuju Kawah Talaga Bodas kira-kira 15km. Sangat disayangkan ketika sudah menempuh sekitar 6km, pengunjung akan menjumpai jalan yang jelek dan sungguh menyiksa. Jalan ini akan terus dirasakan sepanjang 8,8 km sampai di gerbang Wisata Alam kawah Talaga Bodas.


Akses menuju lokasi Kawah Talaga Bodas
Kesulitan menempuh perjalanan menuju kawah akan berakhir ketika anda sudah sampai di pintu masuk Kawah Telaga Bodas. Pengunjung akan dikenai biaya tiket sebesar Rp. 5.000, untuk area parkir juga sudah disediakan. Dari area parkir ini, anda harus berjalan kaki menuju Kawah Telaga Bodas kurang lebih 800 meter. Anggap saja olah raga sebelum anda menikmati keindahan Kawah Telaga Bodas.

Peta menuju Talaga Bodas dari Tol Cileunyi
Sesampainya di depan kawah, pengunjung akan dibuat takjub dengan pemandangan di Kawah Telaga Bodas ini. Warna air danau biru kehijauan, dengan latar belakang perbukitan hijau dan Gunung Telaga Bodas, sungguh pemandangan yang begitu indah. Pengunjung bisa berkeliling menyusuri kawah untuk menikmati kecantikan Kawah Telaga Bodas sekaligus mencari spot berfoto dengan keluarga dan teman-teman di setiap titiknya. Sekedar untuk relaksasi setelah capek dengan perjalanan jauh, pengunjung juga dapat berendam di pemandian air panas yang ada di lokasi ini secara gratis.

Pemandian air panas gratis 



4 comments:

  1. Wah kbetulan pgn ksana wkend ini kang. Tp ga ada tmen hehe. Ayolah ksana lg 😄

    ReplyDelete
  2. Salam kenal kang. Mau nanya Roda 4 bisa kesana kang? Skrg update terakhir gmn kondisinya? Nuhun kang.

    ReplyDelete
  3. yaa salam kenal juga... roda empat bisa masuk sampe parkiran... hanya jalannya belum bagus..

    ReplyDelete