Saturday, February 14, 2015

5 Memorable Tokusatsu era 90an

5. Janperson

Janperson
Tokusou Robo Janperson adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Janperson adalah serial Metal Hero yang ke-12 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 31 Januari 1993 hingga 23 Januari 1994. Janperson merupakan super hero dengan 100% robot. Janperson dilengkapi dengan senjata Flash Card, Flash Gun, Rocket Punch, Baton, Flame Thrower, Flash Blade, Flash Laser, Flash Cannon, Jan Vulcan dan kendaraan Dark Jaycar. Di Indonesia serial Janperson ini ditayangkan di TV Indosiar jam 08.00 pagi. Dulu sering berebut dengan adik karena jam tayangnya berbarengan dengan film Doraemon di RCTI.

4. Winspector
Winspector
Winspector ini kalo gak salah diputernya dulu di Indosiar. Ceritanya tentang polisi masa depan bernama Ryoma Kagawa yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi Special Rescue Police Winspector! Yang paling inget, kalo udah beres numpas kejahatan, pas helmnya dibuka keringat Ryoma banyak banget haha. Nah, si Ryoma ini ditemani oleh dua robot polisi lain yang bernama Bycle dan Walter. Walter merupakan robot dengan tipe pesawat dan Bycle merupakan robot dengan tipe motor. Dua-duanya memiliki gerakan aneh yang sungguh tidak sangar dan kalo kamu jadi penjahat, kamu pasti gak takut. Tapi bagaimanapun juga, openingnya memorable! Mayday Mayday S.O.S.!!!

3. Jiban
Jiban
Mengisahkan tentang Naoto Tamura, seorang polisi yang dibunuh oleh sindikat Biolon pimpinan Dokter Giba. Dia kemudian dihidupkan kembali sebagai robot detektif Jiban untuk mengalahkan sindikat Biolon yang jahat. Kenapa aku suka? Dengan kostum yang gelap dan misterius, serta gayanya yang khas ketika turun dari mobil. Serta cara berubah yang misterius. Singkat banget. Apalagi, dia selalu menunjukkan lencana dan membacakan pasal-pasal ketika akan menangkap penjahat, mirip seperti RoboCop. 

2. Kamen Rider Rider Black RX
Ksatria Baja Hitam RX
Kamen Rider Rider Black RX atau lebih dikenal di Indonesia dengan nama Ksatria Baja Hitam RX adalah seri kedua Kamen Rider Black yang memakai tokoh utama Kotaro Minami. Baja Hitam RX (nama populer di Indonesia) adalah program acara serial televisi ciptaan Shotaro Ishinomori yang dibuat oleh Toei. Kamen Rider BLACK RX adalah serial Kamen Rider yang ke-9 dari serangkaian serial Kamen Rider, dan juga acara Kamen Rider final pada periode Showa. Serial yang terdiri dari 47 episode ini merupakan hasil produksi bersama Mainichi Broadcasting System / TBS, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 23 Oktober 1988 sampai dengan tanggal 24 September 1989. Di Indonesia, serial BLACK RX ditayangkan oleh stasiun televisi RCTI pada tahun 1994 dengan dubbing Bahasa Indonesia dan sering disingkat dengan nama KBH RX. Serial ini adalah sekuel dari Ksatria Baja Hitam.

1. Kamen Rider Black 
Ksatria Baja Hitam
Ini dia tokusatsu paling legendaris sepanjang masa. Kayaknya gak ada yang gak tahu opening yang satu ini deh. Dulu sampe bela-belain gamau berangkat ke pengajian karena gamau ketinggalan serial ini dan nagis ga karuan kalo pas lagi nonton serial ini listrik tiba-tiba mati. Masih sangat ingat gimana gerakan henshin nya Kotaro saat berubah jadi Ksatria Baja Hitam. Di Jepang sendiri, Kamen Rider Black adalah legenda karena ini pertama kalinya seri Kamen Rider itu sangat popular. Saking populernya, terbukti  sampai-sampai pemeran utamanya, Kotaro Minami (Tetsuo Kurata), dipakai di dua seri yang berbeda. Di Indonesia sendiri, nama Ksatria Baja Hitam sendiri ini sudah menjadi semacam majas metonimia gitu deh. Serial tokusatsu yang orang tua pun tau. Pokoknya segala yang bentuknya tokusatsu pasti sama mama kamu dibilangnya si Baja Hitam.  

0 komentar:

Post a Comment