Saturday, January 17, 2015

SITU CILEUNCA PANGALENGAN BANDUNG

Situ Cileunca
Situ Cileunca merupakan sebuah danau yang berada di ketinggian 1.550 meter dpl. dan dikelilingi dua perkebunan teh Malabar yang dikelola PTPN VIII. Situ Cileunca memiliki luas 180 hektare, namun yang baru dimanfaatkan untuk kawasan wisata hanya sekitar 3 hektare.  berada di daerah dingin Pangalengan Bandung. Pengelolaannya berada di bawah PT Indonesia Power (IP). Selain difungsikan sebagai objek wisata, Situ Cileunca juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Air yang berasal dari danau tersebut dialirkan melalui Sungai Palayangan. Sungai ini pula yang sering dijadikan sebagai arena ber-rafting atau arung jeram karena memiliki beberapa bagian yang menantang. 

Pada awalnya situ yang semakin banyak dikunjungi oleh para pendatang ini merupakan areal hutan belantara. Sampai pada tahun 1918 kemudian kawasan ini dibuat sebuah situ yang berfungsi untuk sumber kebutuhan air warga setempat.  Situ Cileunca memiliki kedalaman sampai 17 meter, memiliki warna yang bening, serta tentu sangat enak untuk dipandang mata. 

Di tengah-tengah danau terdapat jembatan yang merupakan fasilitas bagi mobilitas warga. Jembatan ini disebut jembatan cinta. Jembatan ini di bangun oleh pemerintah desa secara swakelola. Jembatan ini dibangun diatas Situ/Danau Cileunca yang menghubungkan dua desa yaitu Pulosari dan Wanasari. Pada awalnya warga harus memutar dan mengelilingi danau bila ingin menyeberang ke desa lainnya, namun kini warga disana hanya perlu menyeberang di atas jembatan unik berwarna merah ini. Tidak sedikit yang berkunjung ke lokasi ini berfoto ria di Jembatan Cinta karena memang kita dapat memperoleh view dan latar yang bagus untuk befoto.

Jembatan Cinta
Menuju Lokasi Untuk menuju lokasi ini, anda yang dari Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi keluar dari pintu tol buah batu kemudian dilanjutkan ke soreang-ciwidey dan pangalengan, bagi anda yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunaka bus jurusan Leuwi Panjang-Pangalengan dari Terminal Leuwi Panjang Bandung dengan ongkos sekitar Rp. 15.000-20.000/orang.

Jembatan Cinta
Untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan dua cara, cara gratis dan berbayar. Cara pertama jika menggunakan motor pribadi adalah dengan turun di pinggir jalan dekat palang yang bertuliskan “DAM PULO” dan bertempat sebelum gerbang utama dari Situ Cileunca. Saat melihat plang tersebut kamu bisa memarkirkan kendaraan kamu disana, namun harus berhati-hati apabila tidak ada yang menjaganya. Setelah memarkirkan kendaraan kamu bisa berjalan dari pinggir jalan menuju jembatan ini sekitar 100 meter. Atau lurus terus sampai menemukan gang sebelah kanan, lalu belok ikuti jalan gang itu karena akan mengarahkan kamu sampai ke sisi danau. 

Padang Rumput dekat plang "DAM PULO"
Cara kedua adalah dengan turun di kawasan/wana wisata Situ Cileunca. Dari sana kamu bisa menyewa sebuah perahu untuk sampai di lokasi ini. Saya menyarankan untuk turun di kawasan/wana wisata Situ Cileunca sambil menikmati keindahan situ/danau yang luas ini dan sambil naik perahu menuju lokasi “Jembatan Cinta” atau menikmati kulineran yang tersedia disana.

Fasilitas yang terdapat di situ cileunca:
1. Pesona alam yang sangat indah
2. Perahu untuk mengelilingi Situ Cileunca
3. Fasilitas Out Bound
4. Fasilitas Arum Jeram
5. Warung-warung Makan
6. Mushola
7. WC untuk MCK yang sangat baik dan bersih
8. Kondisi jalan yang sangat baik

Tiket Masuk :
1. Tiket Masuk Rp. 5000 hari biasa dan Rp. 10.000 hari libur.
2. Out Bound Rp. 150.000-450.000/orang.
3. Arum Jeram : Rp. 150.000/Orang.


Sumber :
http://www.tempatwisatadibandungs.com/ 
http://bandung.panduanwisata.id/ 

2 comments:

  1. ada juga jembatan cinta :p jadi inget sama tanjakan cinta deket ranu kumbolo deh :D

    ReplyDelete
  2. jembatan cinta ini cuma sebuatn oleh pengunjung saja.. tidak ada tulisan jembatan cinta di lokasi ini :D

    ReplyDelete