Wednesday, January 14, 2015

NILLMIJ BANDUNG


Banyak orang yang tidak tahu mengenai bangunan-bangunan bersejarah di kota Bandung. Ditengah hilangnya atau terabaikannya bangunan tua di kota Bandung, terdapat beberapa bangunan yang masih tetap terjaga dan terawat dengan baik,karena dijadikan museum, atau dialih fungsikan dari penghuni sebelumnya. Salah satu  diantaranya adalah Gedung Jiwasraya (NILLMIJ) yang terletak di Jl. Asia Afrika no. 53, Bandung. Gedung Jiwasraya termasuk dalam daftar bangunan cagar budaya Kota Bandung yang dikeluarkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Barat.

Nederlandsche Indische Levensverzekering en Lijfrente Maatschappij (NILLMIJ) merupakan perusahaan asuransi jiwa paling tua yang didirikan di Batavia berdasarkan akte Notaris William Hendry Herklots No 185 tanggal 31 Desember 1859. Perusahaan ini kemudian mengembangkan kegiatannya ke berbagai daerah.  Gedungnya seluas 1.996 M2 di kota Bandung, dibangun pada tahun 1914 dengan gaya arsitektur Indo Europeesche Stijl  didirikan di atas lahan seluas 3.289 M2.

Menjadi satu-satunya perusahaan asuransi jiwa di Hindia membuat NILLMIJ memonopoli industri asuransi. Kedekatan Van Kerchem dengan pemerintah membuat NILLMIJ mendapat banyak keuntungan ekstra. NILLMIJ bahkan bisa memungut premi melalui para kolektor pajak pemerintah dan divisi penggajian militer. Pemerintah dan pejabat militer juga merekomendasikan NILLMIJ kepada para pegawai pemerintah dan personel militer sebagai alternatif lain untuk menabung selain dari sistem pensiun yang berlaku.

Monopoli NILLMIJ berakhir pada 1883 ketik pemerintah membuka keran bagi asuransi swasta asing yang untuk berekspansi di Hindia. Pemerintah berhenti membantu NILLMIJ mengumpulkan premi. Masuknya perusahaan asuransi lain seperti the Dordrecht, the Olveh, Eerste Nederlandsche dan lain-lain makin mengecilkan porsi NILLMIJ di industri. Pada 1932 NILLMIJ memperbaharui merk bisnisnya dengan nama N.V. Levensverzekering Maatschappij Nillmij van 1859.

Bagi para pejuang kemerdekaan, bangunan gedung yang kini digunakan Perusahaan Asuransi Jiwasraya ini memiliki makna khusus. Gedung tersebut pernah dijadikan Markas Resimen 8, Divisi III Priangan, Komandemen I Jawa Barat Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Resimen 8 dipimpin Letkol Omon Abdurachman meliputi wilayah kota Bandung. Wilayah Cililin dan Batujajar termasuk dalam Resimen 9 pimpinan Letnan Kolonel Gandawijaya.

Sumber : 


0 komentar:

Post a Comment