Friday, December 30, 2016

Book Review - Ibod : Kitab Komik Sufi 3

Judul Buku: Kitab Komik Sufi 3 : Hikayat Nasruddin Hoja
Terbit pertama : 2015
Penulis : Ibod
Tebal : 150 halaman
Terbit di Indonesia : Cetakan pertama, Januari 2015
Penerbit : Muara
ISBN : 978-979-9108-10-4

Buku ini berisikan cerita-cerita singkat, ringan, namun kaya akan makna. Penuh dengan hikmah dan pelajaran yang dapat diambil dalam menjalani hidup sehari-hari. Bagaimana seseorang dituntut optiis dalam menjalani hidup, befikir sebelum bertindak, hati-hati dalam bersikap, jauhi sifat-sifat tercela, menghindari sebab-sebab penyakit hati, dan masih banyak lagi.
Buku komik ini bukanlah buku sindiran terhadap pembaca, namun jika memang tersindir oleh buku ini, berarti pembaca tersebut perlu introspeksi dan muhasabah diri kembali, tidak terkecuali saya sendiri ketika membaca ini banyak cerita-cerita yang membuat saya tersindir karena memang sikap saya selama ini masih belum maksimal baik dalam hidup sehari-hari.

Secara umum, komik sederhana ini tentunya cocok dibaca oleh siapapun karena memang hanya kumpulan cerita sederhana, 1 halaman 1 cerita, namun untuk memaknai isi kandungan cerita tersebut saya rasa untuk ukuran anak-anak belum mampu menangkap hikmah dari cerita-cerita sufistik yang ada dalam komik ini.

0 komentar:

Post a Comment