Tuesday, October 4, 2016

Book Review - Ditta Hakha : Reinkarnasi

Judul Buku: Reinkarnasi
Penulis : Ditta Hakha
Tebal : 503 halaman
Terbit : Juli 2013
Penerbit : Mizan
ISBN : 978-602-242-210-5

Zaila, gadis 12 tahun yang sedang bermain ditepi sungai mencari ikan bersama teman-temannya tiba-tiba terpelaset dan terjatuh hingga tak sadarkan diri. Dari sinilah semuanya bermula. Ketika ia tersadar, ia tidak dalam raga dirinya melainkan berada di raga yang lain dan di zaman yang lain. Namanya Sekar. Seorang puteri keraton pada masa penjajahan belanda. Ternyata ia telah mundur ke 180 tahun silam, tepatnya pada tahun 1831.
Tidak seperti dikehidupan biasanya, di zaman itu dia membantu para pejuang melawan penjajah dan mempertahankan tanah airnya dari jajahan Belanda. Dia tidak berjuang sendirian membantu para pejuang. Bersama Ratih dan seorang gadis Belanda, Janet van Coullen Sekar berusaha keras membebaskan penderitaan rakyat pribumi dari kejamnya penjajah yang ingin berkuasa di negeri ini hingga akhirnya dia kembali menjadi Zaila yang hidup di zaman modern kembali.
Novel remaja yang asyik. Meski masih belia, penulis mampu membawa pembaca membayangkan suasana pada masa penjajahan, suasana yang mencekam, penuh dengan kepanikan dan tangis kesedihan. Penulis juga begitu memperlihatkan keberanian seorang Sekar membantu penjuang dan sekaligus menjadi hikmah dari novel ini menjadi contoh bagi generasi muda masa kini untuk juga berjuang membangun negeri ini menjadi negeri yang makmur dan sejahtera


0 komentar:

Post a Comment