Friday, February 19, 2016

Book Review : Aya Swords - Reflection

Judul Buku: Reflection
Penulis : Aya Swords, Tita Rosianti, Adeliani Azfar
Terbit Pertama : 2015
Tebal : 232 halaman
Cetakan : ke-1, Juli 2015
Penerbit : Grasindo
ISBN : 978-602-375-109-9

Novel ini mengisahkan dua orang saudara kembar Emily dan Elysa yang baru saja pindah rumah dari bandung ke Jakarta. Kematian ibu mereka dan kepindahan mereka ke rumah yang baru mendapat berbagai kejutan. Berawal dari Jendela kamar Emily yang terbuka dengan sendirinya, lalu Elysa yang melihat sosok lelaki kasat mata bernama Boy. Pengakuan Elysa, Boy yang bertanggung jawab atas teror itu. Boy tidak suka kepada penghuni rumah itu, termasuk Emily. Boy ingin menyingirkan Emily tanpa sebab yang pasti. Emily pun tak tahu mengapa Boy tak suka padanya. Kejutan lain pun muncul ketika suatu malam dapur yang berantakan, lalu ada tulisan salam perkenalan dari Boy kepada Emily. Emily semakin tidak mengerti kenapa Boy melakukan itu. Teror demi teror terus menghantui keluarga itu hingga tragedi yang menimpa Emily hingga tewas.
Novel ini ditulis dengan alur maju mundur dan menggunakan tiga sudut pandang cerita. Bagian awal diceritakan dari sudut pandang Emiy, gadis kuat yang selalu ingin menjadi pelindung Elysa. Bagian kedua oleh sudut pandang Boy, dan bagian ketiga oleh sudut pandang Elysa. Hingga berakhir dengan terungkapnya siapa Boy sebenarnya sebagai pelaku teror yang juga terlibat dalam kematian Ibu Emily dan Elysa.

Novel yang menarik karena mengisahkan kehidupan keluarga dengan nuansa horor dari teror-teror mengejutkan di dalamnya seperti halnya cerita-cerita tentang psikopat. Pembaca akan merasakan sensasi seram ketika cerita memasuki bagian horor dari novel tersebut. Kekurangan dari novel ini, adalah penulis membuat karakter Boy si biang teror dengan karakter yang terkesan lebay. Karena alurnya maju mundur dari tiga sudut pandang, pembaca juga sesekali harus membuka lembaran-lembaran sebelumnya untuk mncocokan cerita antara sudut pandang Emily, Boy, dan Elysa. 

0 komentar:

Post a Comment