Saturday, May 2, 2015

QUETZALCOATL

Quetzalcoatl adalah dewa pencipta dan langit Aztek. Namanya adalah gabungan dari kata quetzal, burung Mesoamerika berwarna cerah, dan coatl, berarti ular. Quetzalcoatl sering dirujuk sebagai Ular Bersayap dan berhubungan dengan planet Venus. Kini, Quetzalcoatl adalah dewa Aztek yang paling terkenal, dan sering dianggap sebagai kepala dewa Aztek. Namun, Quetzalcoatl hanya satu di antara dewa-dewa Aztek lain, tidak dianggap lebih besar dari yang lainnya.

Quetzalcoatl merupakan dewa putih, tinggi dan kuat dengan janggut yang tebal, yang muncul dari seberang lautan. Ia membawa zaman keemasan bagi Tula, ibukota Toltec. Pada waktu dewa-dewa penduduk disekitarnya menjadi cemburu terhadap quetzalcoatl dan memutuskan mempermalukannya.Mereka menyuruhnya datang ke suatu perayaan di lapangan umum  di Tula  dan membuatnya mabuk dengan minuman Pulque. Esok harinya Quetzalcoatl merasa malu dan bertekad meninggalkan Tula dan Toltec selamanya. Ia pergi menuju laut ke arah timur. Menurut beberapa versi selanjutnya diceritakan  bahwa ia membangun tumpukkan kayu penguburan dekat pantai, melemparkan diri ke atasnya dan bangkit dari abunya sendiri menjadi bintang pagi. Sedangkan dalam cerita lainnya ketika ia mencapai laut ia berlayar dengan rakit ular. Tetapi di semua cerita itu dikisahkan bahwa ia akan kembali pada tahun Ce-Acatl.

Pada masa peradaban Toltec mundur dan Aztec menjadi penguasa lembah meksiko. Suku Aztec memuja dewa perang, Huitzilopochtli. Ia memimpin mereka dari tujuh gua di barat laut menuju lembah meksiko. Ia memberitahu mereka untuk terus maju hingga melihat seekor elang duduk diatas kaktus dengan ular diparuhnya. Dewa itu memberitahu mereka, disanalah mereka menemukan kotanya. pada suatu hari musuh Aztec mengusir mereka ke danau Texcoco yang berawa-rawa. Dan disinilah burung elang dengan ular diparuhnya sedang duduk diatas kaktus. Disinilah suku Aztec membangun Tenochtitlan, kota hebat mereka, pelopor kota Meksiko.


Sumber :

0 komentar:

Post a Comment