Saturday, May 2, 2015

BASILISK

Basilisk merupakan makhluk yang muncul dalam legenda selama beradab-abad dan sangat ditakuti di Eropa dan Afrilka Utara. Basilisk memang bukan sekedar ular besar. Basilisk dikatakan sebagai anak ayam jantan atau betina yang dibuahi ular atau katak.

Beberapa seniman mengikuti deskripsi itu secara harfiah dengan melukiskannya sebagai makhluk kombinasi antara keempat hewan tersebut. Akan tetapi, Basilisk lebih sering digambarkan sebagai ular raksasa dengan tonjolan menyerupai mahkota di atas kepalanya dan berbercak putih. Karena bentuk mahkota ini, Basilisk disebut sebagai Raja Ular.

Basilisk dikatakan sangat mematikan bahkan dari kejauhan. Seorang naturalis Romawi Pliny berkata, "Dia membunuh pepohonan dan semak, bukan hanya dengan sentuhannya, tapi juga yang terkena nafasnya. Dia membakar rerumputan dan membelah bebatuan, saking berbisanya dia". Hal ini juga sama dengan yang dikatakan oleh Isidore dari Sevilla yang mengatakan bahwa Basilisk memiliki napas racun. Cerita lain mengatakan bahwa Basilisk mampu menyemburkan api dan membunuh dengan suaranya.


Beberapa penulis bahkan mengklaim bahwa makhluk tersebut tidak hanya dapat membunuh melalui sentuhannya langsung, tetapi juga melalui perantara korbannya. Dikatakan bahwa seorang manusia yang menunggangi kuda pernah membunuh seekor Basilisk. Racun Basilisk tersebut mengalir melalui tombaknya dan racun itu tidak hanya membunuh si manusia, tetapi kudanya juga. Kemampuan Basilisk yang paling terkenal adalah tatapannya. Konon, siapapun yang melihatnya akan sangat ketakutan hingga membuat si penatapnya membatu. Sama seperti yang ada dalam serial Harry Potter. J.K Rowling mengadopsi motos Basilisk yang daitampilkan dalam novelnya sebagai ular raksasa peliharaan Voldemort yang memiliki kemampuan membuat makhluk lain yang menatapnya berubah menjadi batu. Voldemort menyembunyikan Basilisk di ”Kamar Rahasia” dalam serial Harry Potter and The Chamber of Secret.

Sumber:
http://imagitopia.blogspot.com/

0 komentar:

Post a Comment