Tuesday, April 28, 2015

SITU CIBURUY "Laukna Hese Dipancing"

expresiku.blogspot.com
“Situ Ciburuy laukna hese di pancing…”. Kenal dengan lirik lagu ini?? Ya, Situ Ciburuy adalah sebuah danau yang diabadikan dalam sebuah lagu sunda. Bagi para pecandu wisata danau, tentunya jangan sampai melewatkan danau yang satu ini. Ya, danau ini bernama Situ Ciburuy. Situ Ciburuy ini terletak di Padalarang, kabupaten Bandung Barat sekitar 22 km dari kota Bandung. Lokasinya begitu strategis sehingga mudah sekali untuk dicapai.

Situ Ciburuy memiliki luas sampai 25 hektar dengan pulau yang begitu rindang di tengah-tengahnya. Pemandangan alamnya begitu menakjubkan. Situ Ciburuy kini sudah ditata lebih rapi, antara lain dengan memperbaiki jalan masuk ke tepi danau. Kita juga bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada di sana, seperti kedai-kedai makanan dan minuman, buah-buahan, cenderamata, pentas kesenian, rumah makan dan fasilitas untuk berperahu.

jabarprov.go.id
Setiap pengunjung cukup mengeluarkan Rp 7.500 maka sudah bisa menikmati sajian wisata air situ yang cukup jernih. Dengan biaya murah, kita bisa memanjakan mata kita dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan eksotis. Pengunjung bisa menyewa perahu yang sudah tersedia di tepi danau untuk memuaskan rasa penasaran pengunjung pada lokasi wisata ini.

Untuk perahu tradisional dengan kapasitas lima orang, pengunjung cukup membayar Rp 50 ribu untuk satu kali putaran. Ada juga perahu paket hemat, yakni perahu angsa dan perahu kayuh dengan tarif sewa Rp 20 ribu berkapasitas dua orang untuk satu kali putaran.

Mitos Mitos
Seperti yang kita ketahui bahwa biasanya budaya peninggalan zaman dahulu selalu meninggalkan mitos-motos yang ada si sekelilingnya, tak terkecuali Situ Ciburuy ini. berikut adalah beberapa mitos yang masih beredar di Situ Ciburuy Padalarang.

Ikannya susah dipancing
Ya, bukan hanya pada saat ini, fenomena ini sudah ada ratusan tahun yang lalu, seperti diabadikan dalam sebuah lagu sunda di atas yang berjudul Bubuy Bulan. Sebait lirik tersebut memperlihatkan, bahwa memang ikan di sini sangat susah untuk dipancing. Dan konon, hanya pribumi asli yang mampu memancing ikan di situ tersebut. Wah, penasaran? Coba saja memancing di sana hehe..

Ada pusaran di bawah situ
Pada saat-saat tertentu, sering mucul pusaran air di tengah-tengah situ tersebut, namum kapan terjadinya, masih menjadi misteri.

Dilarang pacaran
Bagi mereka yang berpasangan, terdapat pantangan untuk mengunjungi situ tersebut, terutama pada hari Jumat dan Sabtu. Konon, bagi mereka yang keukeuh kesana, maka hubungannya tidak akan langgeng (dikutip dari Sumber)

Sejarah situ Ciburuy memang sangat panjang, di sini juga terdapat keris, bende (lonceng yang terbuat dari perunggu, kujang) senjata khas Jawa Barat, trisula, tombak, dan tulisan Jawa kuno yang ditulis Prabu Kian Santang.

Mitos ini adalah yang ucapan yang ada turun-temurun, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan situ Ciburuy, tidak usah ragu disebabkan mitos itu, langsung saja datang dan nikmati panorama di sana.



0 komentar:

Post a Comment