Thursday, April 2, 2015

DUSUN BAMBU LEISURE PARK : WISATA KELUARGA


Dusun Bambu merupakan salah satu lokasi wisata keluarga di kawasan Bandung dan Lembang. Terletak di Jl. Kolonel Masturi KM 11, Cisarua, Bandung Barat, Dusun Bambu terbagi menjadi beberapa area untuk aktivitas berbeda. Kamu bisa menemukan area-area seperti Kampung Layung yang merupakan tempat penginapan berupa cottage bernuansa kayu, Lutung Kasarung yang berupa kafe berdesain unik seolah bergelantungan di antara pepohonan, Burangrang yang merupakan restoran keluarga dengan suguhan hidangan Indonesia, Purbasari yang menyuguhkan hidangan tradisional Sunda dengan konsep lesehan di gazebo-gazebo bambu di tepi danau, serta Pasar Khatulistiwa di mana kamu bisa membeli berbagai sayur dan buah segar maupun snack dan suvenir khas Sunda. Go Green adalah konsep lain yang juga menjadi daya tarik tersendiri dari lokasi wisata baru di Bandung ini.

Beberapa Fasilitas yang bisa pengunjung coba di Dusun bambu diantaranya :

1.Balad Lodaya
Area terbuka yang diberi nama Balad Lodaya ini bukan sekedar area bermain, namun juga area untuk mengasah bakat serta kekuatan anak-anak. Mereka di ajarkan bagaimanakah caranya bercocok tanam, mengetahui beberapa produk pertanian, serta bermain permainan tradisional khas Sunda. Terkecuali area bermain untuk anak dan tempat bersantai serta bersantap bersama-sama orang tercinta, pengunjung  juga dapat bersepeda dengan jalur menyusuri kebun teh Sukawana yang memberi hawa segar pegunugan Burangrang Balad Lodaya.



2.Arimbi Garden
Di Dusun Bambu Family Leisure Park, pengunjung bisa mencari inspirasi lewat bunga-bunga. Arimbi Garden dapat dijumpai di bagian atas kompleks desa. Pengunjung bisa menggunakannya untuk bersantai, makan bersama keluarga  mengambil gambar dengan keluarga serta kerabatnya, atau cuma duduk serta menikmati udara segar pegunungan.



3.Pasar Khatulistiwa
Ketika pengunjung datang ke Dusun Bambu bukan sekedar ditawarkan pemandangan alam serta tempat bersantai, namun juga pasar yang tidak hanya sekedar pasar. Di pasar yang dinamakan Pasar Khatulistiwa ini tawarkan beberapa produk dengan kwalitas paling baik, seperti buah serta sayur-sayuran segar. Di pasar ini pengunjung juga bisa membeli berbagai pernak-pernik cinderamata buah tangan dari orang Bandung.



4.Kampung Layung
Kampung Layung yaitu villa yang bisa pengunjung sewa juga sebagai rumah untuk nikmati keindahan alam Dusun Bambu. Yang menarik di villa-villa ini diberi nama tokoh Khas Sunda seperti Sangkuriang, Kabayan, Nyi Iteung, dan sebagainya.


Dari Luar, bangunan suasana desa tempo dulu betul-betul terihat asri berpadu dengan keindahan taman-taman yang ada di sekitar villa. Hal semacam ini terlihat dari bahan utama yang digunakan untuk eksterior villayakni bambu serta kayu. Untuk Interior, villa-villa ini menghadirkan kesan moderen yang menawan dipadukan dengan Sarana Rumah yang moderen serta berkualitas.

Untuk sementara ini, villa di Kampung Layung dibagi ke dua jenis :
1. Villa dengan 1 kamar tidur (kapasitas optimal 2 orang)
2. Villa dengan 2 kamar tidur (kapasitas optimal 4 orang)

Sebagian sarana pelengkap yang lain :
  • 1 orang butler (pelayan) pribadi
  • Akses internet dengan Wifi
  • TV satelite dengan sound sistem ala home theatre
  • Kamar mandi dengan shower air panas
  • Perlengkapan BBQ dihalaman belakang
  • Perlengkapan dapur yang lengkap


5.Eagle Camp
Eagle Camp merupakan lokasi berkemah di Dusun Bambu. Pengunjung bisa nikmati situasi alami Dusun Bambu dengan sentuhan petualangan yang menyatu dengan alam. Di Eagle Camp Ground disiapkan ruangan yang dilapisi tenda yang aman serta nyaman. Bagi yang menyukai petualangan dan berkemah, tak ada salahnya mencoba fasilitas Eagle Camp bersama keluarga.



6.Sampan Sangkuriang
Ini dia spot yang paling saya suka di Dusun Bambu. Dengan background Saung Purbasari, berupa pondokan-pondokan di sekitar danau, jadi tempat yang asyik untuk selfie atau preweeding. Dari depan gedung Restaurant Burangrang ada dermaga kecil untuk naik sampan menuju ke teras-teras dari pondokan-pondokan itu. Jadi teras dari pondokan-pondokan di Saung Purbasari ini langsung ke danau Sampan Sangkuriang



7.Saung Purbasari
Saung Purbasari yaitu saung yang terletak di sekitar danau Sangkuriang di Dusun Bambu. Pengunjung dapat menggunakannya untuk makan bersama keluarga sambil menikmati pemandangan dananu dan gunung Burangrang. Saung Purbasari bisa digunakan dengan kemampuan minimum 6 orang serta maksimalo 12 orang. Untuk kenyamanan bersama, saat pemakaian Saung Purbasari dibatasi antara 2-3 jam peprkelompok makan.



8.Lutung Kasarung
 Lutung Kasarung yaitu sebuah tempat makan yang jika dilihat mirip dengan sangkar burung yang juga memberikan sensasi unik serta berbeda kepada pengunjung. Di Lutung Kasarung ini Anda bisa bersantap dengan udara sejuk dan angin sepoi-sepoi serta sensasi petualangan yang menarik.





9.Cafe Burangrang
Cafe Burangrang merupakan tempat bersantap yang ada di jantung Dusun Bambu. Dengan kemampuan kira-kira lebih 600 orang, Cafe Burangrang jadi pusat pertemuan yang dapat menampung kegiatan sosial anda baik dari arisan, perkumpulan keluarga, pertemuan kantor atau cuma bersantai ria. Di Cafe Burangrang juga mempunyai ruangan VIP yang bisa disewa untuk grup atau keluarga besar.




Itulah sedikit gambaran mengenai Dusun Bambu. Bagi Anda yang akan melakukan kunjungan keluarga atau family gathering tidak ada salahnya untuk datang dan mencoba keunikan serta sensasi berbeda yang ada di Dusun Bambu.

0 komentar:

Post a Comment