Thursday, April 2, 2015

CURUG PELANGI a.k.a CURUG CIMAHI CISARUA BANDUNG


Curug Pelangi yang biasa kita kenal dengan Curug Cimahi ini terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua merupakan sebuah air terjun yang berasal dari aliran air sungai Cimahi yang berhulu di situ Lembang. Curug Cimahi memiliki ketinggian sekitar 87 m, terdapat di dataran tinggi Bandung Utara, tepatnya di Desa Kertawangi, daerah Cisarua Lembang. Tempat wisata Curug Cimahi dikelola oleh Perhutani.Jika pengunjung menggunakan GPS, maka Curug Pelangi ini dapat ditemui pada peta dan koordinat: 6° 47′ 56.58″ S 107° 34′ 39.34″ E.

Air terjun pelangi adalah sebuah inovasi baru dari pengelola tempat wisata curug cimahi, yaitu dengan menempatkan lampu-lampu berwarna yang sudah di desain sedemikian rupa di belakang air terjun curug cimahi sehingga dapat menyajikan pempengunjungngan yang luar biasa indah di malam hari, karena efek cahaya lampu tersebut yang dapat memancarkan beragam warna seperti warna pelangi. Lampu-lampu berwarna itulah yang menyebabkan air terjun menjadi ikut berwarna. Ketika tertimpa cahaya, sontak air terjun tersebut menjadi lebih eksotik daripada sebelumnya.

Untuk menikmati pempengunjungngan air terjun pelangi, pengunjung harus berkunjung ke tempat wisata Curug Pelangi pada sore/malam hari karena khusus air terjun pelangi akan dapat disaksikan mulai jam 5 sore hingga jam 9 malam.
Akses dari gerbang menuju curug

Air terjun yang  berada di areal tanah seluas 25,75 hektar itu menjadikan kawasan Perhutani Bandung Utara memiliki keindahan flora dan faunanya dapat Pengunjung nikmati sepanjang jalan menuju Curug Pelangi. Pengunjung bisa mendengar kicauan burung, selintas pengunjung pun bisa menyaksikan beberapa ekor monyet ekor panjang bergelantungan di dahan-dahan pohon.
100 m dari curug
20 m dari curug
Curug Pelangi saat malam hari. sumber foto: PERHUTANI

Rute Menuju Curug Pelangi
Untuk sampai pada tempat ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Ada beberapa rute yang bisa dipilih untuk mencapai curug ini. Jika menggunakan kendaraan pribadi dan dari pusat Kota Bandung, cukup menyusuri Ssersan Bajuri, samping terminal Ledeng yang terlebih dahulu melewati kawasan Universitas Pendidikan Indonesia, lalu ke arah Universitas Advent Indonesia Cihideung menuju Cisarua dengan dan terakhir menuju terminal angkot Cisarua. Pintu masuk Curug Pelangi terletak tepat di sebelah terminal angkot Cisarua, di pinggir jalan Kolonel Masturi sehingga tidaklah sulit untuk mencarinya.

Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan jasa angkutan umum dengan jurusan Ledeng-Sukasari dari terminal Ledeng. Setelah sampai di Terminal Sukasari (di depan Vila Istana Bunga), dapat diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit atau dapat memanfaatkan jasa angkutan umum Cisarua-Lembang dengan ongkos yang relatif murah. Jika dari kota Cimahi jalan termudah adalah dari Terminal Pasar Atas Cimahi jurusan Cimahi-Cisarua.

Balkon peristirahatan
Dan setelah sampai di depan pintu gerbang wana wisata ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak berundak yang menurun dan berkelok-kelok. Jalan setapak berundak ini (berjumlah sekitar 587 buah anak tangga) terbuat dari batu dan semen dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Sebelum mencapai ke dasar curug, pengunjung bisa singgah di balkon sisi tangga menuju curug yang disiapkan oleh pengelola untuk beristirahat bagi pengunjung yang kelelahan atau yang ingin mengambil spot foto dengan latar curug dari atas. Terdapat dua balkon yang memiliki daya tampung yang berbeda. Balkon pertama memiliki daya tampung 16 orang dan yang kedua menampung maksimal 25 orang.

Tiket Masuk
Untuk masuk ke lokasi wisata curug cimahi dan air terjun pelangi, pengunjung harus membeli tiket:
Seharga Rp. 12.000,-/orang untuk pagi sampai jam 5 sore.

Seharga Rp. 15.000,-/orang untuk menikmati Curug Pelangi jam 5 sore – 9 malam

3 comments:

  1. kok bisa warna warni kenapa itu gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu memamng dipasang lampu LED dibelakang air terjunnya..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete