Tuesday, March 3, 2015

Goa Pawon, Bukti Keberadaan Manusia Prasejarah

Gua Pawon
Di daratan Bandung sekitar 5.000 – 9.500 tahun yang lalu terdapat sekelompok manusia yang bertahan hidup dengan berburu. Mereka mengikuti pergerakan hewan buruannya dari Cipatat di Barat hingga ke wilayah Dago Pakar di Utara. Dengan menggunakan kapak batu para pemburu memburu sapi, gajah bahkan kera, lalu mengolah hasil buruan dengan api sebelum memakannya. Dengan gaya hidup begitu mereka memiliki rentang usia 18-35 tahun.

Berada di ketinggian 601 meter di atas permukaan laut, Goa Pawon terletak di puncak Bukit Pawon yang sempat  menjadi daerah penambangan batu kapur. Pemprov Jabar segera mengambil langkah penyelamatan dengan melarang penambangan batu di sekitar lokasi situs.

Untuk masuk ke pintu goa kaki harus meniti batuan kapur besar yang kasar, keras, namun berongga seperti karang. Pengunjung pun harus rela menahan sengatan aroma khas Goa Pawon yang mungkin belum pernah tercium sebelumnya. Goa dengan panjang 38 M dan lebar 16 M ini  memiliki 3 buah rongga layaknya kamar serta sebuah jendela alami di atas goa tempat masuknya cahaya matahari.

Kalau berani, bisa langsung masuk dan menjelajahi gua itu sendiri. Namun bila merasa tempat itu sedikit seram, gelap dan takut tersesat maka disarankan mencari penduduk sekitar yang bisa dijadikan guide. Kalau memang butuh pemandu, tidak ada salahnya mencari orang-orang yang sudah biasa mengantar setiap tamu yang hendak berkunjung ke goa ini.

Ada tiga mulut gua yang seperti mendadahi minta dimasuki, dan ada satu lagi yang letaknya di bawah, jadi seperti kolam kering yang di pojoknya ada sebuah celah besar. Saat berada disana, disarankan untuk mengambil foto yang banyak, karena pemandangannya sangat bagus sekali. Sayang jika tidak diabadikan. Di bagian kiri atas gua ini, ada sebuah spot yang dinamakan Sumur Bandung. Sumur Bandung ini sebenarnya bukanlah sebuah sumur, lebih seperti sebuah kolam kecil yang cukup dalam yang tentu aja berisi air

Peta Bandung-Gua Pawon
Tidak sulit menemukan Goa Pawon khusunya bagi yang berdomisili di Bandung. Sesampainya di sisi kanan Jalan Raya Padalarang Cianjur akan terlihat plang penunjuk situs Goa Pawon. Dari situ lokasi masih harus ditempuh sekitar 2 kilometer melewati perkampungan. Akses jalannya memang berkelok, menanjak dan menurun namun rata dan layak dilewati. Hanya saja lebar jalan hanya pas untuk dua mobil ukuran standar, membuat pengunjung pengguna mobil harus berhati-hati.


Referensi Tambahan :

0 komentar:

Post a Comment