Sunday, January 11, 2015

TEBING KERATON


Tempat kunjungan wisata yang mulai banyak dikunjungi dan menjadi tempat favorit untuk berfoto dengan latar pemandangan hutan yang luar biasa. yaps, Tebing Keraton Dago. Tebing Keraton atau Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda . Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Banyak yang bilang ini ‘Tebing Keraton‘, padahal nama aslinya sunda abis, ‘Tebing Karaton’ yang artinya itu Kemegahan Alam menurut papan informasi yang ada disana.

Ketinggian Tebing Keraton yang berada tepat di daerah Dago Pakar ini sekitar 1200 mdpl, lumayan banget buat ngeliat pemandangan hutan dari atas. Bebrbeda dengan puncak lain di kota Bandung yang keika melihat kebawah akan dihiasi lampu-lampu kota. Dari Tebing Keraton dapat menikmati pemandangan keren dan spektakuler. Bukan lampu kota, melainkan hutan. Ya, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dari atas.

Berbeda dengan Tahura dengan petunjuk arah yang sudah sangat jelas. Tebing Keraton nyaris tanpa petunjuk jalan namun bukan berarti sulit menemukannya. Tidak sulit untuk mencapai Tebing Keraton. Dari pusat kota Bandung, bertolaklah ke arah Dago Pakar, kemudian ke arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda . Setelah pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda , beloklah ke kanan. Setelahnya akan melewati rumah-rumah besar dan kemudian perkampungan. Setelah itu  akan sampai di sebuah warung dengan baliho besar bertuliskan 'Warung Bandrek' alias Warban. Perjalanan belum selesai, pacu kendaraan melewati tanjakan dan jalan berbatu sampai pos teratas, langsung di Tebing Keraton. 

Pemandangan ini pun akan bertambah indah, jika datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi. Pada saat itu, bisa menikmati suasana kota Bandung yang masih berselimut kabut tebal. Ditambah dengan keindahan matahari terbit di balik bukit yang ada di sebelah timur. Semua keindahan panorama alamnya ini memang paling pas, jika abadikan dengan kamera.

Untuk berkunjung ke Tebing Keraton, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Harus mempersiapkan kamera, jaket untuk menghalau dinginnya udara, karena jika daya tahan tubuh sedang dalam kondisi yang kurang baik, bisa-bisa sakit. udara yang dingin dicampur dengan debu dari tanah merah. Berbekal minuman yang cukup dan bensin kendaraan yang sudah terisi penuh. Jika masih ragu bagaimana jalan menuju ke sana, jangan malu untuk bertanya. Selain itu, juga disarankan untuk menggunakan motor, karena jalanan yang dilewati belum terlalu bagus.


Sumber tambahan : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Tebing_Keraton
http://www.bonjourbag.com/blog/tebing-keraton/

2 comments: