Wednesday, December 28, 2016

PENYEBAB KOTORNYA HATI

“Dan sesungguhnya dalam tubuh itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka akan baik (pekerjaan) jasad seluruhnya. Tapi jika ia rusak, maka akan rusak (pekerjaan) jasad seluruhnya, ketahuilah dia itu Qolbu (HR. Bukhari; dari Nu’man bin Basyir ra.)

Sering kali kita menjaga barang-barang kita agar tetap terjaga. Sering kali kita menjaga pakaian kita agar tetap bersih. Sering kali kita menjaga kendaraan kita agar tetap bersih dan enak dipandang. Baju dijaga warnanya agar tidak mudah pudar. Kendaraan dijaga agar tidak terkesan jorok. Tapi tidak jarang juga orang yang kurang memperhatikan harinya atau menjaga hatinya agar tetap bersih.

Kita terlalu sering membiarkan hal-hal yang tidak perlu, justru mengotori hati kita. Padahal kedekatan dengan Allah itu sangat tergantung pada Qobun Salim, hati yg selamat, bukan dari banyaknya ilmu. Semakin bersih hati seseorang, semakin yakin. Jadi kalo kita masih ragu kepada Allah, maka hatinya belum bersih. Hal yang paling membuat hati kita jadi kotor adalah hal-hal yang bersifat dunia. Hubb dunia. Cinta dunia.

Ketika seseorang menganggap kekayaan itu datang dari kesuksesan, gelar, popularitas, piagam, piala, medali. Tidak ada dalam alQuran yang menjelaskan alat ukur kesuksesan melainkan Ketakwaan. Maka mari kita lihat dunia ini dengan biasa-biasa saja. Boleh senang dengan mobil bagus? Boleh-boleh saja. Tapi tidak boleh menganggap bahwa kemuliaan itu datang dari mobil bagus. Saya juga kalo disuruh milih, mending milih mobil bagus. Tidak mogok, tidak bikin setres. Dengan catatan tidak membuat hati jadi kotor. Naek mobil degan hati ingin dilihat orang, ninggalkan diparkir kepikiran terus takut tergores,


ketika seorang hamba sudah lupa akan bersyukur, ketika seorang hamba sudah terbiasa dengan tidak menjaga lisannya, ketika seorang hamba sudah tidak peduli terhadap sesama, itu mengindikasikan, menanadakan bahwa orang tersebut, hamba tersebut belum bersih hatinya, walaupun dari segi penampilan dia bergaya, rapih, bersih tapi tidak menjamin kebersihan hatinya.

Ketika seorang hamba lupa bahwa semua yg ada di muka bumi ini adalah kepunyaan Allah, ketika dia merasa bahwa semua yang telah diperolehnya adalah hasil kerja keras dia dan milik dia, maka sungguh hidupnya tidak akan mendapatkan ketenangan dan akan selalu berkekurangan diakibatkan dari hati yang kotor. Punya kendaraan bagus, saat hendak parkir kebingungan, takut tergores, cacat, spion takut patah dan lain sebagainya, ke undangan pengen pas berhenti didepan pintu gerbang supaya kelihatan orang lain, itu karena hati ga bersih. Kalo hati bersih ga akan kendaraan jadi pengotor hati. Kendaraan itu yang penting kita sampai tujuan, aman, nyaman.

عَنْ اَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ, قَالَ رَسُولُ اللهِ صلم اِنَّ اللهَ لاَيَنْظُرُ اِلَى صُوَرِكُمْ وَاَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ اِلَى قُلُو بِكُمْ وَاَعْمَالِكُمْ  ( رواه مسلم ؤ ابن ما جه )
 “Dari Abu Hurairah r.a. Berkata, bersabda Rasulullah Saw, : “Sesungguhnya Allah tidak akan memperhatikan atas rupa dan kekayaan kamu, tapi akan memperhatikan atas hati dan amal kamu” (HR. Muslim dan Ibnu Majah)

لَا يَسْتَقِيمُ إِيمَانُ عَبْدٍ حَتَّى يَسْتَقِيمَ قَلْبُهُ وَلَا يَسْتَقِيمُ قَلْبُهُ حَتَّى يَسْتَقِيمَ لِسَانُهُ وَلَا يَدْخُلُ رَجُلٌ الْجَنَّةَ لَا يَأْمَنُ جَارُهُ بَوَائِقَهُ
"Tidak akan luRus iman seORang hamba sehingga luRus hatinya, dan tidak akan luRus hatinya, sehingga luRus lisannya. Dan seseORang tidak akan masuk suRga apabila tetangganya tidak meRasa aman daRi kejahatan lisannya." (HR. Imam Ahmad dan selainnya)

Jangan sampai tetangga kita, saudara kita, orang-orang terdekat kita merasa tidak nyaman dengan kehadiran kita dikarenakan lisan kita yang tidak terkontrol ucapannya. Sering menyakiti orang-orang yang mendengarkan ucapannya. Sudah mah dia hatinya kotor, diucapkan pula dengan lisannya.

Kufur karena sikap sombong, yang diistilahkan dengan kufr al-istikbar. Maksudnya, seseorang membenarkan pokok-pokok Islam dengan hati dan pernyataan lisannya, akan tetapi menolak untuk tunduk dengan anggota badannya kepada hukum-hukum-nya, karena Rasa sombong dan angkuhnya. Orang seperti ini adalah kafir berdasarkan ijma' para ulama.

Contoh yang paling jelas adalah sikap iblis -la'natullah Alaihi-ketika Allah memerintahkannya untuk sujud kepada Nabi Adam ’alaihis Salam. Iblis tidak mengingkari Allah sebagai Tuhan alam semesta, tidak mengingkari Allah sebagai pencipta, pemberi Rizki dan pengatur alam Raya ini, tidak mengingkari bahwa Allah-lah yang berhak disembah, akan tetapi iblis hanya enggan dan bersikap sombong menyikapi perintah Allah, agar dia sujud kepada Adam ’alaihis Salam. Sikap sombong itu digambarkan Allah di dalam al-qur`an, kata iblis -sebagaimana diabadikan Allah Ta’ala-,


قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلاَّ تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ قَالَ أَنَاْ خَيْرٌ مِّنْهُ خَلَقْتَنِي مِن نَّارٍ وَخَلَقْتَهُ مِن طِينٍ

Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu'. Iblis menjawab, 'Saya lebih baik daripadanya; Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah'." (Al-A'Raf: 12).

Dalam ayat lain kesan angkuhnya lebih jelas,


وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلآئِكَةِ اسْجُدُواْ لآدَمَ فَسَجَدُواْ إَلاَّ إِبْلِيسَ قَالَ أَأَسْجُدُ لِمَنْ خَلَقْتَ طِيناً

"Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?" (Al-isra`: 61).
Pertanyaan, tetapi sesungguhnya merupakan penolakan dan sikap sombong yang tidak pantas dilakukan Oleh seorang makhluk kepada Rabbnya. Dan karena sikap sombongnya itulah Allah berfir-man dalam surat al-baqarah ayat 34 dan surat Shad ayat 74 mem-beritakan tentangnya yang lalu menetapkan vonis atasnya,



وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلاَئِكَةِ اسْجُدُواْ لآدَمَ فَسَجَدُواْ إِلاَّ إِبْلِيسَ أَبَى وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ

"…kecuali iblis; ia enggan dan sombong dan ia termasuk golongan orang-orang yang kafir." (Al-baqarah: 34).

Refleksi :

Membiasakan berterima kasih merupakan hal yang baik supaya kita semakin bersyukur. Sebab dengan menjadi hamba yang selalu bersyukur, kita tidak akan merasa kekurangan, kita tidak akan merasa takut akan hal-hal yang oleh orang-orang sombong takutkan. Semoga Allah SWT memberi kita kekuatan untuk selalu menjaga hati kita agar tetap bersih. Menjaga lisan kita agar tetap manis dan tidak ada orang yang tersakiti akibat dari kotornya hati kita dan lisan kita.

0 komentar:

Post a Comment