Saturday, June 4, 2016

Book Review : Ernest Hemingway - Lelaki Tua dan Laut

Judul Buku: Lelaki Tua dan Laut
Diterjemahkan dari : The Old Man and The Sea
Penulis : Ernest Hemingway
Terbit Pertama : 1952
Penerjemah: Yuni Kristianingsih Pramudhaningrat
Tebal : 149 halaman
Terbit di Indonesia : Cetakan ke-2 Juni 2009
Penerbit : Serambi Ilmu Smesta
ISBN : 978-979-024-147-3

Bercerita tentang seorang nelayan tua yang hidup di Kuba. Lelaki ini tinggal menyendiri ini selalu memancing di lokasi yang sama selama 84 tahun lamanya dan tak pernah mendapatkan ikan. Alasannya hanya karena ia pernah nyaris berhasil menangkap ikan besar di sana. 
Tak kenal menyerah sampai suatu malam, lelaki tua itu kembali melaut sendirian. Dia berusaha sekuat tenaganya untuk mencari ikan. Lelaki tua itu telah berusaha dengan sekuat tenaga hingga ia mendapat ikan yang besarnya hampir setara dengan perahunya. Karena dia berlayar terlalu jauh, rintangan berat pun datang seolah tiada henti. Lelaki tua dengan beraninya menghadapi tantangan sang laut.
Kesabaran dan keuletannya harus dibayar dengan tangannya yang terluka dan kram karena harus terus menerus memegang tali pancing dan menahannya dengan punggungnya. Setelah berhari-hari menunggu akhirnya ikan itu menyerah dan menyembul ke permukaan , seketika itu juga ditengah kelelahannya lelaki tua itu berhasil mengait ikan besar itu ke pinggir perahu dan membunuhnya dengan besi tajam. Saking besarnya ikan tangkapannya yang panjangnya melebihi melebihi perahunya, lelaki tua itu membiarkan ikan itu tetap berada di air dengan mengikatkannya di sekitar perahunya sambil berlayar menuju pantai. 
Sayangnya eforia keberhasilan si lelaki tua setelah berhasil menangkap ikan marlin besar hanyalah sesaat. Tak lama kemudian ikan itu menjadi incaran hiu-hiu yang terus berdatangan untuk menggerogotinya. Kini si lelaki tua kembali harus berjuang untuk membunuh dan mengusir ikan-ikan hiu itu guna menyelamatkan ikan tangkapannya yang telah ia peroleh dengan susah payah dan belum tentu semua orang yang seusianya dapat melakukannya.
Novel ini mengajarkan berbagai hal positif, yakni kesabaran dalam menghadapi cobaan dan kesungguhan serta niat yang kuat tatkala menginginkan sesuatu. Dengan bahasa yang ringan dan mudah difahami namun sarat akan hikmah, maka pantaslah jika novel ini menjadi masterpiece sang penulis dan mendapatkan penghargaan.



0 komentar:

Post a Comment