Wednesday, February 3, 2016

TYRANOSAURUS REX

Tyranosaurus Rex
Sumber : dkfindout.com
Tyrannosaurus kemungkinan berperilaku sama seperti buaya dan dan reptil modern lainnya, hal ini diketahui dari bentuk otak mereka yang amat mirip dengan buaya dan aligator. Dalam catatan fosilnya juga ditemukan sedikit bukti perilaku sosial. Fosil menunjukkan bahwa Tyrannosaurus adalah binatang kanibal-ditemukan gigi spesimen yang lebih besar di spesimen yang lebih kecil. Dahulu para ilmuwan mengira Tyrannosaurus rex tidak mengasuh anak-anaknya,namun kini kita tahu bahwa mereka adalah orang tua yang baik.Tyrannosaurus mempunyai kehidupan sosial yang aktif.Mereka kemungkinan menjadi dewasa pada usia 20 tahun dan mungkin mati pada usia 50-70 tahun.Tyrannosaurus jantan tumbuh hingga 11,8 m dan berat 6 ton,lebih kecil daripada Tyrannosaurus betina yang bisa mencapai 12,5 m dan berat 7 ton.Saat musim kawin,Tyrannosaurus jantan akan berburu mangsa dan menghadiahkannya pada sang betina sebagai'persyaratan'.Ini mungkin bisa saja dilakukan karena ukuran si betina lebih besar dan bisa saja menjadikan jantan sebagai santapannya.Dari bukti fosil Tyrannosaurus adalah keluarga Tyrannosauridae,yang mencakup Albertosaurus(Panjang 9 m dari Kanada),Daspletosaurus(Panjang 9,2 m dari Amerika Serikat dan Kanada),Gorgosaurus(Panjang 8,5 m dari Amerika Serikat),dan Tarbosaurus(Panjang 10-11 m dari Mongolia).

Nama Tyrannosaurus rex berarti “raja kadal tiran” dengan “tyranno” berarti tiran dalam bahasa Yunani; “saurus” berarti kadal dalam bahasa Yunani, dan “rex” berarti raja dalam bahasa Latin. Nama ini diberikan pada tahun 1905 oleh Henry Fairfield Osborn, presiden American Museum of Natural History pada saat itu.

T. rex merupakan anggota dari keluarga Tyrannosauroidea atau dinosaurus predator besar dengan lengan depan kecil dan memiliki dua jari. Selain Tyrannosauridae, genera tyrannosaurid lainnya meliputi Albertosaurus, Alectrosaurus, Alioramus, Chingkankousaurus, Daspletosaurus, Eotyrannus, Gorgosaurus, Nanotyrannus, Prodeinodon dan Tarbosaurus.

T. rex memiliki paha dan ekor yang kuat untuk mengimbangi kepala yang besar (tengkorak Sue memiliki panjang 1,5 m). Hewan buas ini diperkirakan mampu berlari dengan kecepatan 17-40 km/jam. Lengan depan T. rex memiliki dua jari yang lemah, sehingga tidak mungkin digunakan untuk membunuh atau menyorongkan makanan ke mulutnya. Berdasar hal ini, T. rex mengandalkan mulutnya yang besar untuk membunuh mangsanya, dengan fungsi lengan depan hingga kini masih belum diketahui secara pasti.

T. rex memiliki mulut penuh dengan gigi bergerigi hingga mencapai panjang 30 cm dan merupakan gigi dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ditemukan. Tidak semua gigi dinosaurus memiliki fungsi yang sama. Secara khusus, gigi depan berfungsi mencengkeram dan menarik mangsa; gigi samping merobek daging; dan gigi belakang memotong daging sebelum ditelan.


Makanan T. rex
T. rex merupakan karnivora besar dan terutama makan dinosaurus herbivora, termasuk Edmontosaurus dan Triceratops. Sang predator dipercaya memperoleh makanan dengan berburu, namun bersedia pula memakan dinosaurus yang sudah mati. Para ilmuwan belum yakin apakah T-rex berburu sendiri atau berburu dalam kelompok.


Kapan dan Dimana T. rex Hidup?
Fosil T. rex yang ditemukan dalam berbagai formasi batuan berasal dari masa Maastrichtian dari periode Cretaceous akhir yang berlangsung 67 juta – 65 juta tahun yang lalu atau menjelang akhir Era Mesozoikum. T. rex merupakan salah satu dinosaurus non-unggas terakhir yang hidup sebelum peristiwa kepunahan Cretaceous-Paleogen yang memusnahkan dinosaurus. Memiliki mobilitas lebih tinggi dibandingkan banyak dinosaurus darat lainnya, T. rex berkeliaran di seluruh wilayah barat Amerika Utara, saat daratan ini dinamakan sebagai Laramidia.

Tahun 1892, ditemukan bagian dari tulang punggung yang diduga punya T-rex oleh panteolog bernama Edward Drinker Cope dan diberi nama Manospondylus gigas. Fosil kedua ditemukan tahun 1900 oleh Barnum Brown dari negara bagian Wyoming dan diberinama Dynamosaurus imperiosus oleh Henry Fairfield Osborn pada tahun 1905. Dan fosil ketiga pun ditemukan oleh Henry Fairfield Osborn pada tahun 1902 di negara bagian montana dan diberi nama Tyrannosaurus rex. Fosilnya tidak utuh,tapi gigi dan rahangnya masih lengkap.Sejak itulah dinosaurus ini menjadi terkenal karena untuk waktu yang lama sempat diduga sebagai karnivora terbesar di darat,sampai Carcharodontosaurus ditemukan tahun 1920 dan Giganotosaurus tahun 1994,yang ternyata jauh lebih besar daripada T-rex.

Sumber :
http://www.amazine.co/39943/fakta-info-tyrannosaurus-rex-t-rex-rajanya-dinosaurus/
https://id.wikipedia.org/wiki/Tiranosaurus

0 komentar:

Post a Comment