Saturday, May 2, 2015

TIAMAT

Tiamat adalah seekor monster legenda yang berasal dari Babilonia dan Sumeria. Tiamat memiliki bentuk tubuh yang menyerupai seekor naga besar dan berkepala lima. Masing-masing kepala mampu menyemburkan elemen kehidupan yang berbeda-beda yaitu api, air, udara, tanah dan petir. Tiamat ini diyakini melahirkan para dewa generasi pertama.  Beberapa sumber meyakini bahwa tiamat adalah dewi yang berwujud naga. Masih satu ras dengan ras Dragon. Memiliki banyak kepala berwarna warni yang melambangkan elemen kekuatannya. 

Tiamat disebut sebagai cretix, yaitu hasil perkawinan suci air laut dan air tawar yang kemudian menciptakan alam semesta melalui keturunannya. Tiamat juga disebut chaoskampf, yaitu perwujudan dari kekacauan besar yang berasal dari masa sebelumnya.

Dalam cerita penciptaan Babilonia, Tiamat melahirkan para dewa generasi pertama dan kemudian dia membuat para dewa saling berperang. Namun tiamat mati terbunuh oleh Marduk sang dewa badai. Ketika tiamat mati, maka langit dan bumi terbentuk dari tubuh tiamat yang terbelah.

Sumber : 

0 komentar:

Post a Comment