Saturday, May 2, 2015

ARGENTINE TEGU


Argentine tegu (tupinambis merianae) adalah sejenis kadal yang berasal dari Argentina. Ciri khas argentine tegu adalah corak putih pada kulit dan sisiknya, serta bergelombang halus seperti ular. Argentine tegu adalah hewan pemakan daging (karnivora), dan di habitat aslinya, tegu bisa hidup selama 10 hingga 15 tahun. Ukurannya bisa mencapai panjang 1,5 meter dan berat 13 kilogram.


Kandang pemeliharaan argentine tegu.
Argentine tegu yang masih bayi bisa ditempatkan dalam akuarium atau gex berukuran 50 sentimeter, namun argentine tegu yang sudah dewasa hendaknya ditempatkan dalam kandang permanen yang sesuai dengan besar tubuh tegu yang dipelihara. Kandang argentine tegu sebaiknya diberi pencahayaan dari sinar matahari langsung ataupun dari lampu UVB. Suhu dalam kandang argentine tegu hendaknya konstan berkisar 30 hingga 34 derajat celcius, suhu penjemuran (basking) argentine tegu berkisar antara 41 hingga 45 derajat celcius. Tempatkan hiding box dalam kandang tegu sebagai tempat bersembunyi serta tempatkan pula bak berisi air untuk tempat berendam tegu. Sebaiknya, kandang tegu dibuat diluar rumah dengan dilengkapi penutup dan pengatur suhu. Jaga agar suhu dan kelembaban kandang tegu agar selalu konstan. Suhu kandang argentine tegu yang berubah-ubah akan membuat argentine tegu pilek.


Kelembaban:
Tegu membutuhkan kelembaban yang tinggi yaitu sekitar 60%-70% (**) agar sehat dan bisa shed dengan sempurna. Diperlukan misting setiap hari, tetapi jika anda mempunyai cara lain untuk menaikkan kelembaban, itu tidak apa-apa. Ingatlah untuk tidak membuat substrat menjadi basah.


Substrat:
Saya merekomendasikan cypress mulch, orchid bark, Lizard litter, Repti-bark atau. eucalyptus mulch. Substrat ini tidak menghasilkan banyak debu pada saat kering maupun basah. Anda bisa sedikit memisting substrat agar debunya tidak beterbangan dan agar kelembabannya meningkat. Pastikan substrat tidak menjadi basah. Berilah tegumu makan di tempat yang tidak memungkinkan dia secara tidak sengaja menelan substrat. Jangna sampai dia mengalami penyumbatan saluran pencernaan.


Lighting:
Disarankan untuk memakai lampu ultraviolet full spectrum. Cahaya yang memancarkan UVB adalah suatu keharusan untuk reptil ini. Lampu ultraviolet penting untuk pembentukan vitamin D3, yang diperlukan untuk metabolisme kalsium. Sebagian orang mengatakan dengan menambahkan vitamin D3 kedalam makanan akan menggantikan UVB, tetapi saya tidak berpendapat demikian. Saya memang menggunakan vitamin dust, tetapi bukan sebagai pengganti dari sinar UV. Temperatur titik berjemur maksimum 430C dan sisi teduh 210C. Saya tidak menyarankan pemanasan dengan cara apapun pada sisi teduh kandang


Handling argentine tegu.
Argentine tegu hendaknya dihandling atau diajak main minimal 20 menit setiap harinya. Hal ini mencegah agar argentine tegu mengenal anda dengan baik sebagai ownernya. Dengan cara seperti ini, argentine tegu peliharaan anda akan jinak kepada anda. Anda bisa menggunakan harness saat mengajak tegu berjalan-jalan.


Pemberian makanan
Tegu bisa menjadi gemuk saat di penangkaran. Perlu dicatat bahwa Tegu Argentina adalah omnivora di alam liar, tetapi dalam pengalaman saya, mereka menunjukkan preferensi untuk makanan tertentu.Saya juga mencoba buah-buahan, seperti mangga dan pepaya, dan mereka tidak terlalu tertarik. Makanan pokok meliputi 4-6 tikus dewasa seminggu.Mereka tidak sulit untuk makan, tetapi perawatan khusus harus dilakukan untuk memastikan bahwa mereka tidak menjadi kegemukan.

Perlu diketahui bahwa tegu dapat menjadi agresif terhadap makanan,mereka bisa dan akan menganggap pemelihara sebagai makanan. Banyak orang akan memberi makan tegu di luar kandang untuk mencegah hal ini, tapi aku lebih suka hanya untuk menempatkan makanan di dalam kandang setelah gelap. Ketika tegu  sudah bangun, makanan sudah menunggunya disana. Cara terbaik adalah jangan sampai tegu melihat anda membawa makanannya.


Suplemen
Tegu makan tikus secara keseluruhan, jadi suplemen tidak diperlukan.


Hidrasi
Tegu menyukai air,pastikan bahwa sudah tersedia untuk tegu semangkuk air yang segar.


Sexing
Secara visual, laki-laki cenderung lebih berat, lebih besar, dan akan menumbuhkan rahang ketika sudah dewasa secara seksual. Kadal dapat mencapai panjang total antara 3 sampai 5 feeds.


Sumber :

2 comments: