Saturday, May 2, 2015

AN DIE FREUDE : Misteri Kutukan Simfoni Kesembilan Beethoven


Ludwig Van Beethoven merupakan musisi klasik yang begitu terkenal di dunia. Sebelum meninggal ia sempat menciptakan simfoni yang akhirnya menjadi sebuah misteri dalam simfoni no. 9. Simfoni no. 9 dalam tangga nada D minor adalah simfoni terakhirnya yang selesai di gubah pada tahun 1824.

Simfoni sepanjang 75 menit ini berisi bagian dari ode "An Die freude" atau dalam bahasa inggris Ode to Joy karya Friedrich Schiller, sebagai teks yang dinyanyikan oleh para solis dan panduan suara pada gerakan terakhir. Karya ini merupakan contoh pertama dari komponis besar yang menggunakan suara manusia pada tingkat yang sama dengan instrumen-instrumen dalam sebuah simfoni.

Simfoni ini merupakan karya seni musik klasik yang paling terkenal dan merupakan sebuah mahakarya Ludwig Van Beethoven yang terhebat karena di gubah ketika dia telah tuli sepenuhnya. Simfoni ini memainkan peranan kebudayaan yang penting dalam lingkungan modern. Sebuah versi yang telah di adaptasi digunakan dalam sebuah lagu kebangsaan Uni Eropa. Pada tahun 1989 para pelajar dalam demonstrasi tiananmen, mereka menyiarkan simfoni ini menggunakan pengeras suara sebagai pernyataan melawan tirani.

Kutukan ini menimpa Beethoven. Sebagai sosok terkenal, kematiannya menyisakan misteri. Setelah Ludwig Van Beethoven meninggal dan belum menyelesaikan simfoni yang ke 9, maka banyak cerita yang timbul kalau simfoni no.9 ini adalah sebuah kutukan. Kutukan ini sangat di kenal oleh para pencinta musik klasik dan beberapa musisi terkenal di masanya dipercaya terkena kutukan dari simfoni ke sembilah ini, mereka akan meninggal jika telah menyelesaikan simfoni yang ke sembilan. Kutukan ini menimpa Beethoven yang kematiannya menyisakan sebuah misteri.

Kutukan ini semakin dipercaya karena Gustav Mahler percaya dia tidak akan meninggal karena kutukan tersebut. Beberapa musisi terkenal di masanya dipercaya terkena kutukan Simfoni Kesembilan. Mereka akan meninggal jika sudah menyelesaikan simfoni yang kesembilan. Sayangnya, saat akan mulai menciptakan simfoni kesepuluh, dia meninggal dunia. Semakin kuat saja anggapan bahwa kutukan Kesembilan memang ada.

Benarkah ada lagu yang bisa berbuat sejahat itu? Ada yang bilang hal ini hanya kebetulan yang dibesar-besarkan, ada juga yang percaya bahwa musik atau lagu ini membawa kutukan.


Sumber :

0 komentar:

Post a Comment