Thursday, April 2, 2015

COLOSSEUM ROMA : Arena pertumpahan darah Romawi Kuno

Colosseum di lihat dari atas
Kolosseum adalah sebuah peninggalan bersejarah berupa arena gladiator, dibangun oleh Vespasian. Tempat pertunjukan yang besar berbentuk elips yang disebut amfiteater atau dengan nama aslinya Flavian Amphitheatre, yang termasuk salah satu dari Enam Puluh Sembilan Keajaiban Dunia Pertengahan. Situs ini terletak di kota kecil di Italia, Roma, yang didirikan oleh Walikota Vespasian pada masa Domitianus dan diselesaikan oleh anaknya Titus, dan menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Kerajaan Romawi yang pernah dibangun. Kolosseum dirancang untuk menampung 50.000 orang penonton.
Bagian luar Colosseum
Nama dari Koloseum seperti pada di atas diambil dari nama sebuah patung setinggi 130 kaki atau 40 m, Colossus. Patung Colossus dibuat ulang sebagai pengganti Nero sebagai perumpamaan dari Sol dewa matahari, dengan menambahkan mahkota matahari. Di waktu pertengahan tahun, patung colossus telah menghilang. Seorang ahli mengatakan bahwa sejak patung itu terbuat dari tembaga, patung itu telah dileburkan untuk digunakan kembali.

Rekonstruksi Koloseum dimulai dari perintah Raja Alfero gilberto tahun 72 M dan terselesaikan oleh anaknya Titus pada tahun 80 M. Colosseum didirikan berdekatan dengan sebuah istana megah yang sebelumnya dibangun Nero, yang bernama Domus Aurea yang dibangun sesudah kebakaran besar di Roma pada tahun 64 M. Dio Cassius seorang ahli sejarah mengatakan bahwa ada sekitar 9000 hewan buas yang telah terbunuh di 100 hari sebagai perayaan peresmian dan pembukaan Colosseum tersebut. Lantai dari arena Colosseum tertutupi oleh pasir untuk mencegah agar darah-darah tidak mengalir kemana-mana.

Deskripsi Bangunan
Koloseum berukuran cukup besar. Dengan tinggi 48 m, panjang 188 m, lebar 156 m dan luas seluruh bangunan sekitar 2.5 ha membuat Koloseum terlihat begitu besar dan luas. Arenanya terbuat dari kayu berukuran 86 m x 54 m, dan tertutup oleh pasir. Bentuk elips atau bulat dari Koloseum gunanya untuk mencegah para pemain untuk kabur ke arah sudut dan mencegah para penonton untuk berada lebih dekat dengan pertunjukan.
 
Interior Colosseum
Koloseum merupakan hasil karya yang sangat hebat. Tempat itu dikatakan sebagai stadium yang hebat dan spektakuler dikarenakan oleh bentuk dan struktur dari Koloseum itu. Sampai sekarang pun, Koloseum masih dikatakan sebagai stadion yang hebat dan spektakuler. Tempat duduk di Koloseum dibagi menjadi tingkatan-tingkatan yang berbeda berdasarkan status sosial dalam masyarakat Romawi.

Podium utama di yang terletak di bagian utara dan selatan untuk Kaisar dan keluarganya, pada tempat ini memberikan pemandangan yang terbaik dilihat dari arena, terdapat tempat istirahatnya, tempat penyimpanan harta juga berada di tingkat ini. Kemudian pada tingkat yang sama dengan platform yang lebih luas merupakan podium khusus untuk para senator Roman, yang boleh membawa kursi sendiri. Nama-nama beberapa senator masih dapat dilihat dari ukiran pada batu yang menjadi tempat duduknya.

Pada tingkat berikutnya disebut maenianum primum, yang dikhususkan untuk para bangsawan Roman. Selanjutnya pada tingkat ketiga adalah maenianum secundum yang dibagi-bagi lagi menjadi tiga bagian. Bagian paling bawah (immum) digunakan untuk para orang kaya, di bagian atasnya lagi (summum), digunakan untuk rakyat jelata. Dan yang terakhir, di bagian kayu (maenianum secundum in legneis) adalah tempat yang strukturnya dari kayu di paling atas bangunan. Tempat itu merupakan tempat untuk berdiri saja yang digunakan untuk para wanita rendahan.

Selain diambil dari nama Koloseum, Koloseum juga disebut sebagai Flavian Amphitheatre yang tidak diketahui siapa yang memberi nama itu. Di Itali, Koloseum diberi nama il colosseo tapi bahasa Roma lainnya menggunakan nama le colisée dan el coliseo untuk menyebutkan Colosseum.

Di Koloseum pada saat itu adalah tempat penyelenggaraan sebuah pertunjukan yang spektakuler, yaitu sebuah pertarungan antara binatang (venetaiones), pertarungan antara tahanan dan binatang, eksekusi tahanan (noxii), pertarungan air (naumachiae) dengan cara membanjiri arena, dan pertarungan antara gladiator (munera). Selama ratusan tahun itu, diperkirakan ribuan orang maupun binatang mati di pertunjukkan Koloseum. Sumber

Gladiator
Ada berbagai jenis gladiator yang penuh dengan armor atau gladiator lapis baja seperti Gallus (dari Galia), Samnite, Thracian (Thrax), Murmillo, Hoplomachus, Secutor, Provocator atau Cataphractarius. Gladiator yang bersenjata ringan, yang mengenakan baju sedikit, lebih mempunyai kebebasan untuk bergerak, seperti Retiarius, Dimachaeri atau Laquerarius.

Gladiators Wanita Kuno Roma berjuang juga bertempur di arena berdarah, termasuk Colosseum Roma. gladiator Wanita disebut “Amazones” setelah suku prajurit wanita sengit yang sekarang kita sebut sebagai Amazon. gladiator Wanita juga disebut sebagai “gladiatrices”.Sumber

Fakta-fakta Colosseum 
Fakta tentang Colosseum Roma
Fakta 1
Ketika pertama kali dibangun itu awalnya disebut Amphitheatre Flavianus, setelah Dinasti Flavianus dari Kaisar termasuk Vespasianus , Titus danDomitianus . 
Fakta 2
Nama ‘Colosseum’ berasal dari makna kolosal ‘colosseus’ kata Latin. Ini mengacu pada patung raksasa dari Kaisar Nero yang sebelumnya telah didirikan di dekat lokasi Colosseum. 
Fakta 3
Mencakup amphitheatre yang besar dan luas 6 hektar
Fakta 4
Masuk ke game gratis. Amfiteater besar memiliki kapasitas diperkirakan antara 50.000 dan 80.000 Roma 
Fakta 5
Luar lingkaran ukuran 545 meter (1.788 kaki). Ini adalah 50 meter (187 kaki), 189 meter (615 ft) panjang dan 156 meter lebar 510 kaki. Dimensi dari Colosseum 
Fakta 6
Daerah di bawah Colosseum disebut Hypogeum (bawah tanah berarti).Hypogeum terdiri dari dua tingkat jaringan terowongan bawah tanah dan 32 kandang hewan. Itu 80 poros vertikal yang menyediakan akses cepat ke arena untuk hewan dan pemandangan. 
Fakta 7
Para Kaisar Domitianus , anak muda dari Vespasianus menambahkan Hypogeum dan juga galeri di bagian atas Colosseum untuk meningkatkan kapasitas tempat duduk nya. 
Fakta 8
Colosseum terletak di pusat kota Roma, Italia (Piazzale del Colosseo, Roma).Lokasi absolut adalah 41 derajat lintang dan bujur derajat 12. 
Fakta 9
Ada 36 pintu perangkap di Arena memungkinkan untuk efek khusus yang rumit
Fakta 10
Hewan-hewan ditampilkan dan dibunuh di teater diangkut dari setiap sudut dari kekaisaran Romawi yang mencerminkan skala dan lingkup provinsi Romawi.Hewan Liar di Colosseum 
Fakta 11
Para liar dan hewan eksotis yang termasuk singa, harimau, hyena, kuda nil, badak itu, buaya, burung unta, antelop, beruang, dan zebra 
Fakta 12
Ada lebih dari 20 jenis yang berbeda dari Gladiators
Fakta 13
Colosseum Roma digunakan untuk pementasan berbagai acara termasuk perkelahian gladiator, menampilkan hewan liar, hiburan teater, eksekusi, upacara keagamaan, pertempuran laut mengejek dan kembali bermain kemenangan Romawi yang terkenal. 
Fakta 14
Colosseum dibangun karena beberapa alasan: 
  • Sebagai hadiah untuk Warga Romawi, meningkatkan popularitas dari dinasti Flavianus
  • Pementasan berbagai bentuk hiburan di tujuan dibangun batu amfiteater, menciptakan pengalihan untuk Pleb menganggur dan sulit diatur
  • Untuk memanfaatkan dan menampilkan teknik rekayasa terbaru Romawi menunjukkan kepada dunia kekuatan Roma
Fakta 15
Kaisar mengambil posisi terkemuka di kotak kekaisaran disebut pulvinar yang terletak di podium (yang berarti tempat kehormatan) yang seperti teras dan sekitar 15 kaki mengangkang lebar pusat sumbu minor arena di sisi utara .Duduk di Colosseum 
Fakta 16
Amphitheatre Flavianus dibangun dari travertine di luar dan tufa dan batu bata di pedalaman. Tiang utama dibangun dari balok-balok marmer. 
Fakta 17
Dalam pembangunan Colosseum para budak melakukan kerja manual dan tim pembangun Romawi profesional, insinyur dan dekorator melakukan tugas terampil. 
Fakta 18
Colosseum terdiri dari empat lantai. Lantai tiga pertama telah tinggi, pintu melengkung dirancang dengan tingkatan ionik, kolom Doric dan Corinthian . 
Fakta 19
Sebuah Retractable Tenda disebut Velarium di Colosseum Roma yang disediakan penutup dan keteduhan. Kurung didukung 240 tiang kayu yang digantung awning kanvas. 
Fakta 20
Ada 76 pintu masuk yang bernomor tetapi ada tambahan empat tambahan pintu masuk besar yang tidak bernomor. Colosseum pintu masuk dan keluar 
Fakta 21
Tiket dibagikan untuk menunjukkan, masing-masing ditandai dengan nomor kursi, nomor tier dan nomor pintu masuk. Permainan perdana di Colosseum berlangsung lebih dari 100 hari. 
Fakta 22
Pada akhir hari para gladiator yang terbunuh diseret melalui Libitinensis Porta (Gerbang Kematian) ke Spoliarium mana tubuh ditelanjangi dan senjata dan baju besi yang diberikan kepada lanista mati gladiator itu. 
Fakta 23
Arena itu 287 kaki panjang dan 180 kaki lebar. Arena tertutup dengan 15cm pasir. 
Fakta 24
Ada berbagai pintu masuk / keluar dari arena. Para Sanavivaria Porta adalah Gerbang Kehidupan di mana mereka yang telah dikalahkan, tetapi terhindar akan keluar, yang Libitina Porta adalah Gerbang Kematian atau Eksekusi dan Triumphalis Porta dimana pemenang akan keluar arena. 
Fakta 25
Bisellium itu kaya dihiasi kursi kehormatan di game. Hal itu disebut demikian karena ada ruang untuk dua orang di atasnya, meskipun hanya satu duduk di sana, biasanya Kaisar. 
Fakta 26
Kaisar Romawi 42 menyaksikan pembantaian di amphiteater
Fakta 27
Sebuah 700.000 orang diperkirakan tewas di arena berdarah
Fakta 28
Eksekusi dari Kristen atau Penjahat disediakan hiburan siang populer.
Fakta 29
Sebanyak 5000 hewan dibantai dalam satu hari – hewan liar tewas ke titik kepunahan. Lihat Hewan Liar di Colosseum 
Fakta 30
Amphitheatre Flavianus besar waktu kurang dari 10 tahun untuk membangun

0 komentar:

Post a Comment