Thursday, April 16, 2015

BOA CONTRICTOR

Nama : Boa Constrictor

Asal : Mexico sampai dengan America Selatan termasuk kepulauan disekitarnya.

Size : Boa constrictors adalah jenis ular yang besar dengan panjang yang bisa mencapai 8 s/d 12 feet dengna berat 30 s/d 60 pound, jenis betina biasanya bisa mencapai lebih besar dan panjang.

Umur Hidup: Jika dipelihara dengan baik biasanya bisa mencapai umur 30 thn.

Penampilan Fisik: Dengan pesatnya perkembangan jenis jenis yang baru maka untuk menentukan gambaran yang jelas mengenai ular ini sangat susah, tetapi secara umum boa menampilkan patern yang menyerupai sadle. Campuran warna biasanya dari abu-abu sampai coklat, biasanya ular yang masih kecil sedikit terang warna kulitnya dari pada yang sudah dewasa.


Kandang Ular Boa Constrictor:
Ular Boa Constrictor selalu pindah di malam hari dan bersantai selama hari, sehingga mempertahankan ukuran kandang yang memungkinkan mereka bebas untuk bergerak dan olahraga sangat penting bagi kesehatan jangka panjang mereka. Harap diingat semakin besar lingkungan tempat mereka harus di lengkapi tempat sembunyi atau berbaur, hingga Ular Boa Constrictor tidak merasa rentan saat berada di ruang terbuka lebar tanpa kamuflase atau penutup . Yang harus dipertimbangkan saat memilih ukuran kandang adalah menciptakan gradien suhu alami, jadi pastikan kita tidak memilih sesuatu yang terlalu besar atau terlalu kecil dan menjamin tercukupinya ketersedian suhu sesuai alami untuk mereka.


Suhu: 
Suhu 80 s/d 85 F pada siang hari dan 75 s/d 80 F pada malam hari, Pemanasan untuk berjemur 95 F. Pemanas dan Pencahayaan: Ular jenis ini memerlukan pencahayaan selama 12 jam, hal ini bisa disesuaikan apabila akan diternakkan, Sinar UV tidak perlu ditambahkan. Untuk mendapatkan pemanas yang diginkan,bisa diguanakan pemanas yang diletakan dibawah aquarium atau ceramic penghantar panas dan lampu pijar yang kurang dari 100 watt diatas kandang sangat dianjurkan. Pengguanan Batu pemanas kurang bagus karena bisa berakibat pada terbakarnya kulit ular.

Alas : 
Kertas koran, Indoor / Outdoor Carpet dan serutan kayubisa digunakan, Serutan kayu Aspen bisa dipaki sebagai alas, jika menggunakan serutan kayu dilarang memberi makan dengan menaruh makanan pada dasarnya, karena akan menyebabkan tertelannya serutan dan berakibat pada pencernaannya.

Perawatan dan Pembersihan : 
Kandang harus dibersihkan setiap hari, apa bila menggunakan indoor/outdoor carpet sangat disarankan mempunyai dua untuk dipakai bergantian, pastikan telah mencuci dan mengeringkan carpet sebelum di pakai lagi. Air yang di dalam kandang harus juga diganti setip hari guna menghindari bakteri yang mungkin masuk bersama kotoran ular. Sangat disarankan mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang ular.

Feeding / Makanan Ular Boa Constrictor :
Ular Boa Constrictor mempunyai kemampuan untuk mengkonsumsi makanan yang jauh lebih besar daripada tubuh Ular Boa Constrictor, namun hal ini tidak dianjurkan di penangkaran dalam pemeliharaan hewan kesayangan sebab mereka lebih baik diberi makan secara lebih konsisten daripada makan mereka di alam liar . Disarankan untuk memberi mereka makan setiap 10-14 hari dengan tikus yang sedikit lebih kecil dari bagian paling besar dari tubuh mereka. Tukik Ular Boa Constrictor bisa mulai diberikan tikus hopper dan terus meningkat sesuai ukuran ular.http://www.hewankesayangan.com/ular/perawatan-ular-boa-constrictor

Iklim Ideal :
Boa Constrictors yang hidup di penangkaran harus disimpan di pertengahan 80-an Derajat F di siang hari dengan waktu minimal suhu di malam hari. Sebuah daerah berjemur atau " Hot Spot " juga mesti disiapkan dengan suhu lebih rendah hingga pertengahan 90-an . Hal ini memungkinkan Ular Boa Constrictor bebas untuk memilih tempat yang nyaman untuk dirinya sendiri, membantu dalam pencernaan makanan dan juga membantu untuk mencegah masalah pernapasan. Kelembaban terbaik adalah ( 60 % atau di atasnya ) untuk membantu shedding dan memberikan Ular Boa Constrictor lingkungan yang lebih tropis seperti di alam. Bila kita tidak mempunyai kelembaban yang tinggi secara alami, kita mesti membuat kelembaban dengan ruangan humidifier sederhana atau untuk aplikasi yang lebih besar pendingin evaporative dapat digunakan. Anda juga bisa menggunakan Cypress Mulsa sebagai substrat dan menyediakan hidangan air dalam jumlah besar .Ingat AC mengekstrak kelembaban dari udara, jadi hal ini mesti dihindari jika mungkin di setiap ruangan di mana Ular Boa Constrictor disimpan .

http://www.satwaunik.com/animal-care/boa-constrictor/








0 komentar:

Post a Comment