Thursday, April 2, 2015

PATUNG LIBERTY NEW YORK : Maskot kota New York Amerika Serikat

Liberty Enlightening the World, lebih dikenal dengan nama Statue of Liberty atau Patung Liberty dalam bahasa Indonesia, adalah suatu patung berukuran raksasa yang terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.

Patung perunggu yang diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 ini merupakan hadiah seratus tahun kemerdekaan Amerika Serikat dan merupakan ungkapan persahabatan antara kedua negara. Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel) merancang struktur penyangga dalamnya. Patung Liberty adalah salah satu lambang AS yang paling terkenal di seluruh dunia, dan melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan. Sumber

Patung Liberty memiliki tinggi kurang leih 46 m (151 ft)b. Jika di hitung dari dasar, patung ini memiliki tinggi sampai 93 m (305 ft). Lapisan patung ini terbuat dari lempengan tembaga tempa debnan ketebalan 2.4 mm (0.01 in) yang di pasang pada rangka besi,didanai sepenuhnya melalui sumbangan dari rakyat Prancis sedangkan untuk pembangunan alasnya didanai oleh pemerintah amerika serikat sendiri.

Setelah Bartholdi selesai mendesain dalam bentuk miniatur ,Pada tanggal 4 Juli 1884 Patung setinggi 151-kaki dan berat 225 ton ini diserahkan kepada Duta Besar Amerika di Paris untuk diangkut ke New York, patung yang dibuat dengan menggunakan cetakan kayu, shell tembaga, dan struktur besi ini dibongkar menjadi 300 buah dan dikemas menjadi 214 krat kayu. Liberty selanjutnya disusun kembali di Bedloe's Island di mulut pelabuhan Kota New York.

Alas patung ini di desain menggunakan beton dan granit oleh arsitek Amerika, Richard Morris Hunt. Sebuah dinding berbentuk bintang mengelilingi alas setinggi 47-m (154-ft) ini. Dinding ini adalah bagian dari Fort Wood, tembok yang di bangun awal abad 19 untuk mempertahankan kota New York selama berlangsungnya perang 1812 (1812-1815). Sayangnya, kurangnya dana di Amerika Serikat menunda pembangunan alas. upaya penggalangan dana terhenti sampai Joseph Pulitzer, penerbit "the world" newspaper dan pencatat untuk Pulitzer prize, memutuskan untuk menggunakan surat kabar untuk mendorong orang Amerika untuk menyumbang. alas baru Patung akhirnya selesai dan resmikan oleh presiden Amerika, Grover Cleveland pada tanggal 28 Oktober 1886. 

Patung ini melambangkan kemerdekaan atau kebebasan rakyat Amerika. Patung ini berwujud seorang dewi yang memegang obor dan sebuah tablet (sabak). Obor dilambangkan sebagai sesuatu yang menerangi jalan agar bebas dari kegelapan, di tafsirkan sebagai masyarakat yang melihat adanya harapan akan masa depan yang cerah) dan sabak di lambangkan sebagai pemuat pasal-pasal hukum yang adil bagi siapa saja dan ini merupakan lambang dari keadilan.


Di bagian depan tablet tertulis tanggal kemerdekaan US yaitu 4 Juli 1774. Selain itu, rantai patah di kaki sang dewi juga melambangkan kebebasan rakyat US dari berbagai bentuk penindasan dan penjajahan. Lengkap sudah arti berbagai benda yang dibawa sang dewi. Statue of Liberty ini berdiri kokoh di Ellis Island seolah siap menyambut siapa saja yang masuk ke USA dengan kebebasan yang sejati.Pada tanggal 1984 patung Liberty masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO

0 komentar:

Post a Comment