Tuesday, March 10, 2015

UCING-UCINGAN


Ucing Sumput
Ucing Sumput (sumber)
Petak umpet atau dikenal dengan istilah Ucing Sumput di Jawa barat merupakan permainan yang menuntut pemainnya untuk pintar dalam memilih tempat persembunyian. Satu orang pemain yang kalah akan menutup matanya pada salah satu tempat yang dianggap sebagai benteng, sementara yang lain mencari tempat untuk bersembunyi. Setelah menghitung sampai jumlah tertentu, maka mulailah pemain yang menutup mata tersebut mencari tiap orang yang bersembunyi.

Bila telah menemukan orang yang bersembunyi, pencari ini harus cepat-cepat berlari ke benteng sambil menyebut nama orang yang ketahuan persembunyiannya sambil teriak “25!!” saat menyentuh benteng. Begitu juga dengan anak yang ketahuan, karena bila berhasil lebih dulu menyentuh benteng, maka pada tahap selanjutnya dia tidak akan jaga. Anak lain yang bersembunyi dapat pula menyentuh benteng agar tidak jaga pada tahap selanjutnya, asalkan tidak ketahuan dengan pencari.

Setelah semua telah ketahuan persembunyiannya, maka pencari akan menutup matanya kembali pada benteng dan anak-anak lain membentuk barisan di belakangnya. Pencari akan menyebut salah satu nomor. Anak yang ada di urutan nomor yang disebut akan menjadi pihak yang kalah bila tadi dia tidak berhasil lebih dulu mencapai benteng. Sedangkan bila anak pada urutan yang disebut ternyata adalah anak yang berhasil mencapai benteng (biasa disebut pembela) lebih dulu pada saat ketahuan tempat persembunyiannya, maka si pencari tetap dalam posisi kalah dan kembali menjadi ucing.


Ucing Kup
Permainan ini juga gampang, tinggal ada ucing, kita bikin nama sendiri , ucing ngejar, kalo kita terdesak, kita tinggal bilang “kup” sambil megang bahu, gampang kan ?! tapi saat dalam posisi kup, kita tidak boleh bergerak dan kita tidak boleh ngomong dan keliatan gigi ! jadi kalo mau lari lagi kita harus dibangunin sama teman. Dalam permainan ini jangan libatkan pemain yang terpaut usia yang jauh lebih muda dari pemain yang lain, karena permainan ini butuh kecepatan berlari untuk mengejar pemain yang lain atau saat dikejar ucingnya.

0 komentar:

Post a Comment