Wednesday, February 3, 2016

DIPLODOCUS

Diplodocus
Sumber : dkfindout.com
Diplodocus mungkin termasuk dalam sepuluh dinosaurus terbesar,dengan panjang 20-28,7 m.Tingginya sekitar 5 m,terhitung pendek bagi Sauropoda kebanyakan.Berat sekitar 10-20 ton yang terhitung ringan karena tulang-tulangnya berrongga.Pada ilustrasi dinosaurus awal,binatang ini sering digambarkan hidup di rawa,dengan leher yang menjulur melengkung ke atas seperti angsa dan ekor yang diseret.Namun kini para ahli sudah menepis rekonstruksi itu karena diyakini luas Diplodocus tidak bisa menegakkan lehernya ke atas yang hanya akan memecahkan pembuluh darah oleh tekanan untuk mengangkut oksigen dari jantung ke otak.Dan karena tulang serta otot ekornya amat kuat,Diplodocus tidak mungkin menyeret ekornya,melainkan mengangkatnya untuk menyeimbangkan leher dan kepalanya yang besar.
Merupakan yang terpanjang dari semua dinosaurus, Diplodocus memiliki konstruksi tubuh yang unik, dengan dua baris tulang di bagian bawah ekornya untuk memberikan dukungan ekstra dan mobilitas yang lebih besar.

Diplodocus menggunakan ekornya sebagai penyeimbang kepalanya yang berukuran relatif kecil – kurang dari 61 cm. Untuk mengintimidasi penyerang, Diplodocus mungkin membuat suara menggunakan ekornya yang berbentuk seperti cambuk. Alih-alih menempel pada tulang belakang, rusuk Diplodocus terhubung ke bagian dalam kulit di daerah perut.
Diplodocus memiliki kaki berkuku lima mirip dengan gajah. Satu kuku pada setiap kaki memiliki semacam cakar, kemungkinan besar untuk mempertahankan diri, meskipun raksasa ini diperkirakan hanya memiliki sedikit predator.

Dinosaurus lain mungkin akan terintimidasi oleh ukurannya. Fosil Diplodocus ditemukan berdekatan dengan fosil Allosaurus dan Ceratosaurus, menunjukkan mereka hidup berdampingan. Dibandingkan dengan dinosaurus lain, Diplodocus mencapai kematangan seksual yang sangat cepat, setelah sekitar satu dekade, tetapi dengan tubuh yang terus tumbuh besar. Seperti sauropoda lain, Diplodocus meletakkan telurnya begitu saja dan tidak membuat sarang.

Makanan Diplodocus
Karena Diplodocus tidak bisa mengangkat kepalanya lebih dari 5,4 m, makanan mereka terutama terdiri dari vegetasi pendek. Berdasarkan analisis gigi berbentuk seperti pensil yang terutama tumbuh di bagian depan mulut, diyakini bahwa dinosaurus ini sekedar menggunakan giginya untuk merenggut vegetasi untuk kemudian langsung menelannya.

Rahang yang lemah dan gigi yang sangat kecil membuat Diplodocus kesulitan mengunyah makanan. Karena ukurannya yang sangat besar, Diplodocus harus mengkonsumsi sejumlah besar makanan, sehingga hampir makan terus-menerus.

Dinosaurus ini juga menelan batu yang disebut gastroliths untuk membantu mencerna makanan di dalam perutnya.


Penemuan Fosil
Fosil Diplodocus pertama ditemukan di dekat Canon City, Colorado, oleh Earl Douglass dan Samuel W. Williston pada tahun 1877 dan diberi nama oleh Marsh pada tahun 1878. Sejumlah fosil Diplodocus ditemukan pula di wilayah Rocky Mountain (Colorado), Montana, Utah dan Wyoming. Berkat raja baja, Andrew Carnegie, yang menyumbangkan gips kerangka lengkap DIplodocus ke berbagai negara di Eropa, Diplodocus merupakan salah satu dinosaurus yang paling sering ditampilkan.

https://id.wikipedia.org/wiki/Diplodocus
http://www.amazine.co/39935/fakta-informasi-diplodocus-dinosaurus-terpanjang/

No comments:

Post a Comment