Thursday, April 2, 2015

THAMES RIVER LONDON : Sungai Bersejarah di Inggris

Sungai Thames
Sungai Thames adalah sebuah sungai yang mengalir di selatan Inggris dan menghubungkan kota London dengan laut. Sungai sepanjang 356 kilometer dengan luas perairan mencapai 12,935 km² ini bermuara di laut Utara.

Thames merupakan sungai yang mengawali sejarah berdirinya London, ibukota Inggris. London dibangun oleh Kerajaan Romawi di abad 43 dengan nama Londonium. Nah, Sungai Thames berperan sangat penting dalam penyediaan protein ikan bagi penduduk sekitar selain juga mensuplai air minum, pengairan lahan pertanian dan transportasi.

Thames River mengalir sejauh 346 km melalui selatan Inggris dan merupakan sungai terpanjang di negara ini. Beberapa kota yang dilalui oleh Themes adalah Oxford, Reading, Henley-on-Themes, Windsor, Kingston Upon Thems dan Richmon.

Sejarah
Julius Caesar memimpin penyerbuan pertama pasukan Romawi ke Inggris kira-kira pada tahun 55 SM. Ketika ia kembali pada tahun berikutnya, gerak majunya terhambat oleh sungai yang ia namai Tamesis, yaitu Sungai Thames. Akhirnya, kaisar Romawi bernama Klaudius-lah yang menaklukkan negeri itu 90 tahun kemudian.

Indahnya Sungai Thames di sore hari
Pada waktu itu, Sungai Thames dikelilingi oleh daerah rawa-rawa, tetapi di titik paling jauh yang terjangkau oleh pasang laut, sekitar 50 kilometer dari muaranya, pasukan Romawi belakangan membangun sebuah jembatan kayu. Di sana, di tepi utara sungai itu, mereka mendirikan pelabuhan yang mereka namai Londinium.

Selama empat abad berikutnya, orang Romawi meluaskan perdagangan mereka dengan daerah-daerah lain di Eropa dan mengimpor barang mewah dari daerah Laut Tengah—bahkan kayu dari Lebanon. Mereka mengangkut barang dari pedalaman ke London melalui Sungai Thames. Karena memiliki sistem jalan-jalan utama yang menyebar dari tengah kota, London segera menjadi pusat perdagangan yang penting.Sumber

Kini, Sungai Thames menjadi daerah tujuan wisata. Luangkan waktu Anda untuk melakukan tur mengarungi sungai dengan kapal. Untuk itu pengunjung harus merogoh kocek sekitar 15 Euro untuk sekali perjalanan. Tur ini akan membawa para turis melintasi beberapa ikon pariwisata terkenal di London. Misalnya, Gedung Parlemen Kerajaan Inggris, jembatan London, London Eye, menara London dan Gereja Katedral St. Paul. Tidak hanya itu, kita juga akan melewati Billingsgate yang merupakan pasar ikan terbesar Inggris tempo dulu.

Luapan Sungai Thames saat banjir awal tahun 2014
Banyaknya landmark London yang bisa kita lihat saat mengikuti tur ini membuat aktivitas menyusuri Sungai Thames merupakan salah satu cara terbaik untuk melihat kemegahan kota ini. Kapal pesiar dengan dek terbuka itu membuat kita bisa menikmati pemandangan dengan leluasa. Kapal-kapal ini beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 waktu setempat. Sumber

1 comment:

  1. maaf, bagaiman saya bisa menemukan atau membaca mengenai profil penulis atau pemilik blog ini? terima kasih. salam kenal

    ReplyDelete