Monday, April 6, 2015

CURUG CINULANG : Air Terjun di antara dua kabupaten


Curug Cinulang adalah lokasi wisata air terjun yang terletak di sebelah timur Kabupaten Bandung dan berbatasan dengan bagian barat Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar). Curug Cinulang mempunyai dua air terjun dengan ketinggian 50 meter. Yang pertama adalah air yang alirannya deras. Di sampingnya ada air terjun yang merupakan pecahan debit air yang lebih kecil. Sementara itu, 30 meter ke barat terdapat aliran air dari dinding tebing di selatan. Air terjun kedua tersebut tidak sebesar dan sederas air terjun pertama. Ketinggiannya juga lebih rendah, yakni sekitar 15 m.

Sebelum sampai ke lokasi curug

Curug Utama dengan tinggi 50 m

Curug kecil sebelah barat curug utama
dengan tinggi 15 m
Karena derasnya air yang mengalir di kedua air terjun ini, mengakibatkan jarang ada pengunjung yang berani berada didekatnya. Umumnya mereka lebih memilih bermain dengan jarak sekitar 5 meter dari kolam limpahan air atau menikmatinya dari jembatan yang melintasi Sungai Citarik (aliran air di bawah Curug Cinulang). Sebagai catatan, selain air terjun di kawasan wisata ini juga terdapat tempat bermain anak yang letaknya berada di atas bukit di seberang Sungai Citarik.

Jika tak membawa bekal makan dan minum, Anda tak usah khawatir. Di sekitar lokasi air terjun, banyak pedagang yang siap menyajikan berbagai minuman ringan dan makanan kecil. Namun sayang, kepedulian akan kebersihan masih kurang di lokasi wisata ini. Terbukti dari masih banyaknya sampah yang berceceran. Biasanya obyek wisata ini dipadati pengunjung usai Lebaran. Tak terkecuali untuk liburan akhir pekan, jumlah pengunjung juga naik.

Untuk sampai ke lokasi wisata ini, dari Kota Bandung kira-kira bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 1,5 jam menggunakan jalur tol Cileunyi dan kemudian meneruskan perjalanan ke arah Cicalengka, sepanjang jalan Bypass Cicalengka, lihatlah ke sebelah kiri. Jika melihat plang tulisan Pondok Wisata Aki Enin, maka ambil jalur ke bawah jalan Bypass menuju Curug Cinulang yang searah dengan Pondok Wisata Aki Enin. Pengunjung  tidak akan mengalami kesulitan untuk menemukan lokasi Curug Cinulang karena jalan yang dilalui relatif ramai penduduk dan medan jalan yang relatif mudah serta lengkap dengan papan penunjuk jalan menuju Curug Cinulang. 

Setelah sampai di pintu gerbang kawasan wisata Curug Cinulang, petugas setempat akan meminta bayaran sebesar Rp5.000,00 per orang sebagai tiket masuk. Namun bagi yang membawa kendaraan bermotor, setelah sampai di areal parkir, ada petugas lagi yang meminta jasa parkir sebesar Rp3.000,00 per kendaraan. Selanjutnya, dari areal parkir diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter hingga akhirnya sampai ke lokasi air terjun. Di sepanjang perjalanan menuju curug ini banyak ditemui warung-warung yang menjual makanan dan minuman maupun aksesoris khas tempat wisata.

No comments:

Post a Comment