Sunday, April 12, 2015

ALCAZAR DE SEGOVIA

foto : www.restaurantecincosentidos.com
Alcazar de Segovia adalah istana yang terletak di kota tua Segovia , Spanyol. Istana ini dibangun di atas pertemuan dua sungai dekat pegunungan Guadarrama, Istana ini memiliki ciri khas dari benteng-benteng lain di Spanyol yaitu dari bentuk bangunannya yang menyerupai haluan kapal. Benteng sekaligus istana yang terletak di puncak pegunungan Guadarrama antara Sungai Eresma dan Sungai Clamores ini adalah salah satu istana yang paling khas di Spanyol berdasarkan bentuknya yang seperti haluan kapal. Walt Disney mendapatkan inspirasi dari Istana unik ini untuk Puri Cinderella. Mulanya istana ini dibangun sebagai penjara, kemudian berubah menjadi istana kerajaan, lalu menjadi penjara negara dan kini berfungsi sebagai museum.

foto : trommerphotography.com
Dahulu kala kastil kuno ini digunakan sebagai benteng pada abad ke-12. Akan tetapi, dengan berjalannya waktu, fungsi kastil berubah menjadi istana tempat tinggal keluarga kerajaan Spanyol dan pernah dijadikan sebuah penjara bahkan sekolah militer. Kini, kastil yang diapit oleh dua aliran sungai yaitu Rio Clamores dan Rio Eresma  menjadi tempat wisata utama bagi turis lokal hingga mancanegara. Interior kastil yang masih tetap terjaga seperti aslinya, menjadikan tempat ini wajib untuk dikunjungi.

Bagian dalam Kastil Segovia sesuai sempurna dengan keindahan bagian luarnya. Banyak apartemen yang dihiasi dengan traceries halus dan ornamen liontin, dalam gaya Alhambra, dan, seperti yang dimiliki Alcazar de Seville, dieksekusi oleh pekerja Arab selama kekuasaan Kristen abad keempat belas, dan di beberapa tempat mahkota dari raja Castille dapat ditemukan dikelilingi oleh motto Latin dan serapan dari Al-Quran.

foto : guias-viajar.com
Interior asli istana telah rusak parah akibat kebakaran pada tahun 1862, meskipun sejak saat itu telah sebagian dikembalikan. Kini, Alcazar tetap menjadi salah satu situs sejarah yang paling populer di Spanyol dan merupakan salah satu dari tiga atraksi utama di Segovia.

Mulai dari jendela kaca, lukisan dinding, langit-langit serta letak benda-benda di dalam kastil masih terawat dengan sangat baik, sehingga turis yang berkunjung dapat mengetahui bagaimana kehidupan keluarga kerajaan di kastil ini pada zaman dahulu.

Alcázar ini juga merupakan tempat di mana pada tahun 1492 Ferdinand dan Isabella menandatangani perintah pengusiran Yahudi dari Spanyol. Selain tempatnya yang megah, nilai sejarah yang sangat melekat di kastil membuat Alcazar of Segovia ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Sumber :

No comments:

Post a Comment